Internasional

Bangun Kantor dan Data Center, Google Siapkan Rp 182 T

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
14 February 2019 18:36
Bangun Kantor dan Data Center, Google Siapkan Rp 182 T
Jakarta, CNBC IndonesiaGoogle Inc akan mengambil ekspansi mengembangkan infrastukturnya tahun ini dengan menyiapkan anggaran besar.

CEO Google Inc Sundar Pichai mengatakan dalam blognya yang posting Rabu (13/2/2019) mengungkapkan tahun ini Google akan membangun data center dan kantor baru untuk memperluas jangkauannya di beberapa kota utama di seluruh AS. Untuk ekspansi ini Google menyiapkan dana US$13 miliar atau setara Rp 182 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000).

Rencanannya data center baru akan dibangun di Nevada Ohio, Texas, dan Nebraska, di mana perusahaan akan memiliki lokasi infrastruktur untuk pertama kalinya di negara-negara tersebut. Google juga menambahk tenaga kerja di Virginia, menyediakan akses yang lebih besar ke Washington, D.C., dengan membangun kantor baru dan lebih banyak ruang pusat data, dan memperluas kampusnya di New York di Hudson Square.


Google terus berupaya memperbesar pendapatannya dengan merambah memaksimalkan peluang di luar bisnis utamannya sebagai raksasa periklanan online. Data center direncanakan untuk meningkatkan bisnis cloud computing untuk mengimbangi bisnis Amazon Web Services dan Microsoft.

Bangun Kantor dan Data Center, Google Siapkan Rp 182 TFoto: Data Center (Reuters)

Bisnis cloud computing membutuhkan akses dan sumber daya komputasi yang cepat serta andal bagi perusahaan besar dan lembaga pemerintah. Pusat data juga untuk menopang produk Gmail dan YouTube.


Sundar Pichai mengatakan rencana itu kemungkinan akan menciptakan puluhan ribu pekerjaan di bidang kontroksi pada daerah Nebraska, Nevada, Ohio, Texas dan Virginia, serta Oklahoma dan South Carolina, di mana perusahaan memperluas pusat data yang ada.

Namun, mengutip CNBC International, Google tidak mengatakan berapa banyak pekerjaan baru yang akan dihasilkan oleh pusat data dan kantor bisnis.

Sundar Pichai juga mengatakan bahwa perusahaan tersebut menambah gedung kantor baru di Texas dan Massachusetts, membangun lebih banyak ruang di Illinois, Wisconsin, negara bagian Washington dan Georgia, dan membangun kembali lokasi California di dekat Los Angeles dan di Bay Area, termasuk Westside Pavillion dan Spruce Goose Hangar.
Simak video buka-bukaan Bos Google Indonesia soal tantangan digitalisasi dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading