Cryptocurrency

Bitcoin Bisa Diperdagangkan di RI, Begini Respons Kemendag

Fintech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 February 2019 16:57
Bitcoin Bisa Diperdagangkan di RI, Begini Respons Kemendag
Jakarta, CNBC IndonesiaKementerian Perdagangan buka suara mengenai keputusan Badan Pengawas Perdagangan Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti) yang memasukan bitcoin sebagai komoditas dan bisa diperdagangkan di bursa berjangka.

Kepala Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Dharmayugo Hermansyah menilai, terbitnya aturan tersebut merupakan hal yang paling ditunggu pelaku pasar saat ini.

"Ini kebutuhan yang ditunggu pelaku pasar cyrpto. [...] Sekarang posisinya sama seperti eksisting nasabah yang harus dilengkapi settlement kliring dan pemberian izin yang diberikan ke lembaga penitipan," kata Dharmayugo saat berbincang dengan CNBC Indonesia, Kamis (14/2/2019).


Resminya Bitcoin sebagai komoditas dan bisa diperdagangkan di bursa berjangka didapati setelah Bappebti mengeluarkan Peraturan No 5/2019 tentang ketentuan teknis penyelenggaraan pasar fisik aset kripto di bursa berjangka.


Dalam beleid ini disebutkan bahwa cryptocurrency yang bisa diperdagangkan harus berbasis distributed ledger technology dan berbentuk aset kripto utility (utility crypto) atau kripto beragun aset (crypto backed asset).

Menurut Dharmayugo, aturan yang dikeluarkan Bappebti sudah cukup memberikan kepercayaan bagi calon investor, yakni instrumen ini dijaga keamanannya.

"ini sudah sesuai dari sisi keamanan dan perlindungan," kata bekas Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti itu.

Otoritas perdagangan pun berbicara mengenai stigma yang menyebut bahwa keluarnya aturan ini terbilang terlambat, lantaran harga bitcoin saat ini sudah jatuh cukup sejak akhir tahun lalu.

Menurut Dharmayugo, terbitnya aturan ini sekaligus memberikan gambaran pelaku pasar bagaimana instrumen investasi seperti bitcoin bisa bekerja. Apakah pergerakan bitcoin dipengaruhi fundamental, atau faktor lainnya.

"Ini momentum untuk pelaku dan masyarakat juga. Sekarang harga bitcoin itu turun. Itu menjadi tanda tanya sebenarnya, ini layak atau tidak diperdagangkan," kata dia.

"Dengan adanya momentum sekarang diterbitkan, pelaku bisa melihat lebih jauh trend penurunan bitcoin ini apakah karena fundamental atau yang lainnya. Jadi pada akhirnya pasar yang akan menilai," tegasnya.

Saksikan video tentang pelegalan Bitcoin Cs di Indonesia di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading