Cryptocurrency

Semua Cryptocurrency Akan Punah, Kecuali Bitcoin

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
14 February 2019 14:38
Semua Cryptocurrency Akan Punah, Kecuali Bitcoin
Jakarta, CNBC Indonesia - Tren pelemahan harga cryptocurrency yang terjadi belakangan ini akan menjadi malapetaka bagi investor. Pasalnya, investor terancam tidak bisa mengembalikan kerugiannya.

Barry Silbert, CEO dan pendiri Digital Currency Group and Grayscale Invesments, mengatakan selain Bitcoin, mayoritas cryptocurrency akan turun dan pada akhirnya menjadi tidak berharga.

Semua Cryptocurrency akan Punah, Kecuali BitcoinFoto: infografis/10 Tahun Perjalanan Bitcoin/Aristya Rahadian Krisabella

"Saya tidak percaya pada sebagian besar token digital tersebut dan percaya sebagian besar harganya akan menjadi nol," kata Barry Silbert, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (14/2/2019).


Aksi penawaran koin perdana atau initial coin offering (ICO) tahun lalu telah membuat kapitalisasi pasar Bitcoin Cs menjadi lebih dari US$800 miliar, menurut Coinmarketcap. Bitcoin sendiri memiliki kapitalisasi pasar sebesar 50% dari total keseluruhan.



"Hampir setiap ICO hanyalah aksi mengumpulkan uang tetapi berpengaruh pada token yang menjadi aset dasarnya," ujar Barry Silbert. "Sebagian besar koin digital akan hilang."

Penghapusan koin digital sudah dimulai. The Securities and Exchange Commission atau Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) melarang penggalangan dana tahun lalu.

Chairman SEC Jay Clayton berulang kali mendesak pendiri token digital untuk mendaftar diri ke SEC. Barry Silbert memuji tindakan SEC dan mengatakan sebagian besar token adalah penawaran ilegal.

Barry Silbert menambahkan kejatuhan harga Bitcoin merupakan hal yang wajar. Sudah beberapa kali harga Bitcoin jatuh kemudian bangkit kembali. Apalagi minat investor instutisional semakin tinggi dan membuat harga Bitcoin akan kembali mengeliat.

"Sejauh yang saya ketahui, Bitcoin telah memenangkan perlombaan untuk menjadi emas digital. Saya sangat yakin akan makin banyak yang masuk ke dalam Bitcoin," kata Silbert.


Saksikan video tentang Bitcoin di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading