Cryptocurrency

Ini Cryptocurrency yang Berpotensi Diperdagangkan di RI

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
14 February 2019 11:41
Ini Cryptocurrency yang Berpotensi Diperdagangkan di RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Transaksi jual-beli mata uang digital (cryptocurency) kini sudah bisa dilakukan secara terang-terangan. Hal ini setelah Badan Pengawas Perdagangan Bursa Berjangka Komoditi menelurkan aturan soal perdagangan Bitcoin Cs.

Kepastian hukum ini didapati setelah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia mengeluarkan peraturan No. 5 tahun 2019 tentang ketentuan teknis penyelenggaraan pasar fisik aset kripto (crypto asset) di bursa berjangka. Aturan ini ditandatangani pada 8 Februari 2019.

Dalam beleid tersebut dijelaskan mata uang digital yang bisa diperdagangkan di Bursa Berjangka Indonesia harus berbasis distributed ledger technology dan berbentuk aset kripto utility (utility crypto) atau kripto beragunan aset (crypto-backed asset).


Nilai kapitalisasi pasarnya masuk dalam peringkat 500 besar kapitalisasi pasar aset kripto (coinmarketcap) untuk kripto aset utilitas dan masuk dalam transaksi bursa aset kripto terbesar di dunia.


Mengutip Coinmarketcap ada 12 mata uang digital paling populer di dunia saat ini dan kapitalisasi pasarnya di atas US$1 miliar.

Peringkat teratas adalah Bitcoin yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar senilai US$63,66 miliar. Selanjutnya, Ethereum dengan kapitalisasi pasar US$12,97 miliar. XRP dengan kapitalisasi pasar US$12,51 miliar. EOS berkapitalisasi pasar US$2,6 miliar.

Berikutnya, Litecoin dengan kapitalisasi pasar US$2,53 miliar, Bitcoin Cash berkapitalisasi pasar US$2,18 miliar, Tether berkapitalisasi pasar US$2,03 miliar. Tron berkapitalisasi pasar US$1,61 miliar.

Ini Koin Digital yang Berpotensi Diperdagangkan di RIFoto: REUTERS/Bobby Yip

Stellar berkapitalisai pasar US$1,48 miliar. Binance Coin berkapitalisasi pasar US$1,26 miliar. Bitcoin SV berkapitalisasi pasar US$1,14 miliar. ADA Coin berkapitalisasi pasar US$1,06 miliar.

Saat ini ada tiga bursa yang menawarkan produk mata uang digital berjangka (futures). Ketiganya berada di Amerika Serikat (AS). Yakni, Chicago Board Options Exchange (CBOE), Chicagi Mercantile Exchange (CME) dan Intercontinental Exchange (ICE).

Saat ini, Ketiga bursa berjangka AS baru menawarkan Bitcoin futures, namun beberapa rumor mengatakan mereka akan segera meluncurkan Ethereum futures.


Simak video tentang Bitcoin di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading