Terungkap, Ini Strategi Jitu Xiaomi Kudeta Posisi Samsung

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 February 2019 19:22
Terungkap, Ini Strategi Jitu Xiaomi Kudeta Posisi Samsung
Jakarta, CNBC Indonesia - Xiaomi Corporation menciptakan sejarah baru di pasar ponsel India. Untuk pertama kalinya produsen ponsel asal China ini berhasil mengkudeta Samsung Electronic sebagai ponsel dengan pangsa pasar terbesar di India.

Mengutip laporan IDC, pada 2018, Xiaomi menjadi ponsel dengan pengiriman terbesar di India dengan pangsa pasar 29%. Tahun lalu posisi ini dipegang oleh Samsung dengan pangsa pasar 27%, South China Morning Post melaporkan, Rabu (13/2/2019).

Tahun 2018, penjualan ponsel India tumbuh 14,5% yang didorong oleh gencarnya promosi penjualan secara online. Pertumbuhan penjualan di India cukup anomali sebab pasar ponsel dunia tahun lalu menyusut 4%.


Keberhasilan Xiaomi mengkudeta posisi Samsung memang menjadi buah bibir. Maklum, Xiaomi termasuk penantang baru Samsung di pasar India karena baru masuk pasar pada 2016.

Dari segi harga, ponsel buatan Xiaomi lebih murah ketimbang ponsel Samsung. Xiaomi juga menawarkan ponsel dengan spesifikasi yang bagus. Namun, strategi Xiaomi memenangkan pasar bukan hanya itu saja.

Quartz melaporkan salah satu keunikan strategi Xiaomi masuk pasar India dengan memanfaatkan penjualan online. Ketika pertama kali masuk pasar Xiaomi hanya dijual melalui toko online (e-commerce) dengan perjanjian penjualan eksklusif melalui Flipkart. Selanjutnya Xiaomi menggelar flash sales pada ponsel model terbarunya.

Sukses di online, Xiaomi merambah offline. Mereka mendirikan gerai resminya yang diberi nama Mi Home. Xiaomi juga berkerja sama dengan bekerja sama dengan peritel besar seperti Croma, Univercell, Poorvika dan Sangeetha.

""Mereka (Xiaomi) berhasil merampingkan rantai pasokan mereka dan memastikan kesenjangan permintaan dan pasokan tidak terlalu signifikan," ujar Tarun Pathak, associate director di Counterpoint Research, mengatakan kepada Quartz.

Saksikan video tentang sengitnya persaingan produsen ponsel rebut pasar di dunia dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading