Perkembangan Teknologi

Penjelasan Bos Himbara Soal LinkAja, Penantang GoPay & OVO

Fintech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
11 February 2019 15:23
Penjelasan Bos Himbara Soal LinkAja, Penantang GoPay & OVO
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Maryono buka suara soal layanan dompet digital milik BUMN bernama LinkAja. Rencananya LinkAja akan diluncurkan akhir bulan ini atau awal Maret 2019.

Maryono mengatakan LinkAja karena BUMN khususnya Himbara ingin jadi satu kesatuan atau embrio daripada holding keuangan. Himbara ingin menjadi bekerja secara efisien dalam layanan sistem pembayaran.

"Kembali kepada LinkAja memang itu Bu menteri sangat consern bagaimana kita BUMN mempunyai layanan transaksi payment yang dibentuk dengan digital banking seperti perusahaan-perusahaan yang lain."

Dengan peranan Himbara ini maka transaksi payment yang dalam bentuk digital banking ini memang diharapkan di tahun 2019 ini bisa terwujud. Saat ini sedang dalam proses saya kira ini akan dilakukan percepatan untuk melakukan launchingnya."

Maryono mengatakan layanan dompet digital milik BUMN ini akan menggunakan platform milik PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) yang merupakan anak usaha dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).



"Nanti kita akan gunakan platform milik Telkomsel sehingga nanti sementara menggunakan bisnis unit yang sudah dibangun Telkomsel. Tapi ke depannya kita akan bangun APV (modal ventura) yang baru di mana pemegang sahamnya adalah masing-masing yang terkait dengan LinkAja ini," ujar Maryono kepada CNBC Indonesia di kantor pusat BTN, Senin (11/2/2019).

Direktur Utama Bank BTN ini menambahkan pembentukan induk dari LinkAJa ditargetkan rampung pada tahun ini dan izinnya sedang diproses ke Bank Indonesia (BI).

Asal tahu saja, Telkomsel akan meluncurkan produk intro LinkAja pada 21 Februari 2019 dengan mengkonversi T-Cash menjadi LinkAja. Rencananya setelah LinkAja diluncurkan semua aplikasi dompet digital dan uang elektronik milik bank BUMN akan dimatikan dan hanya menggunakan brand LinkAja.

Sumber CNBC Indonesia mengatakan LinkAja akan dikendalikan Telkomsel dengan kepemilikan saham 25%. Bank Mandiri, BRI dan BNI masing-masing 20% dan BTN sebesar 7%. Sisanya dipegang Pertamina.

LinkAja akan menjadi platform pembayaran digital yang digunakan BUMN menantang dominasi GoPay dan OVO.

Saksikan video tentang rencana perubahan T-Cash menjadi LinkAja di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading