Kalahkan Apple, Spotify Siapkan Dana Rp 7T di Bisnis Podcast

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
08 February 2019 20:17
Kalahkan Apple, Spotify Siapkan Dana Rp 7T di Bisnis Podcast
Jakarta, CNBC Indonesia - Startup musik streaming berambisi menggeser Apple dalam bisnis streaming. Untuk melancarkan aksi ini, Spotify akan memperluas bisnis ke podcast dengan menyiapkan dana akuisisi hingga US$500 juta atau setara Rp 7 triliun.

Recode melaporkan, Spotify sedang dalam proses mengakuisisi Gimlet Media dengan nilau lebih dari US$200 juta. Aplikasi ini memudahkan siapa saja untuk memulai podcast sendiri.


Gimlet Media didirikan oleh Alex Blumberg (mantan produser This American Life) dan Matthew Lieber pada 2014. Aplikasi ini telah menjadi dominan di pasar podcasting yang sedang berkembang dengan menghadirkan berbagai pertunjukkan, dari seri bisnis StartUp, hingga seri kriminal sejati Crimetown, hingga drama naratif seperti Homecoming, Sandra, dan The Horror of Dolores Roach.


Baru-baru ini, Gimlet telah memperluas lini bisnis dari podcasting ke film dan televisi, seperti yang terlihat pada kesepakatan baru-baru ini dengan Amazon untuk mengubah Homecoming menjadi sebuah seri.

Mengawali bisnis di lini streaming musik, CEO Daniel Ek mengatakan perusahaan tertarik tidak hanya ingin Spotify menjadi platform mendengarkan podcast, tetapi juga membuat rilis eksklusifnya sendiri. Spotify ingin menjadi pemain besar di ruang podcast dan banyak berinvestasi untuk mengisi peran itu.

Industri podcast sedang berkembang dan diperkirakan akan menghasilkan hampir US$700 juta pendapatan pada tahun 2020. Mengakuisisi studio khusus seperti Gimlet akan memungkinkan Spotify untuk terus mengembangkan lini konten asli dan kekayaan intelektualnya (KI) sendiri.

Dari bisnis ini Spotify mendapatkan manfaat tidak hanya dari pengguna tambahan dan pendapatan iklan, tetapi juga dari efek lanjutan dari apa pun yang dapat diubah menjadi KI. Belum lagi mereka bisa membuat penggunanya tak pindah ke platform lain seperti Apple Podcasts atau Stitche.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading