Internasional

Trump Larang Perusahaan Telko AS Pakai Perangkat Huawei?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
08 February 2019 11:06
Trump Larang Perusahaan Telko AS Pakai Perangkat Huawei?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Donald Trump diperkirakan akan menandatangani perintah eksekutif yang melarang peralatan telekomunikasi China dalam jaringan nirkabel AS minggu depan, menurut laporan Politico dari tiga sumber anonim dan dikutip CNBC International, Kamis (7/2/2019).

Para sumber anonim tersebut mengatakan Trump berencana mengumumkan arahan tersebut sebelum konferensi Mobile World Congress (MWC) di Barcelona pada 25 Februari 2019, untuk memberikan sinyal pentingnya keamanan siber dalam kontrak teknologi tinggi masa depan.

AS ingin menggeser fokus ke keamanan ketika beberapa perusahaan telekomunikasi mulai gencar mengembangan internet berkecepatan sangat tinggi yang dikenal sebagai 5G, ujar sumber yang dekat dengan pemerintah kepada Politico.


Politico dan CNBC International berusaha mengkonformasi informasi ini. Namun Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Trump Larang Perusahaan Telko AS Pakai Perangkat Huawei?Foto: Tanda 5G terlihat selama Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol. (REUTERS/Yves Herman/File Photo)

Saat ini, negara-negara sedang berlomba untuk membangun, dan meluncurkan, internet nirkabel 5G, yang akan meningkatkan kecepatan perangkat berkomunikasi dan meningkatkan jumlah data yang dapat ditransmisikan. Perusahaan teknologi besar China Huawei dan ZTE bersaing secara agresif di bisnis ini.

Huawei dan ZTE tidak segera menanggapi permintaan komentar CNBC yang dikirim melalui email.

Sebelumnya, AS memblokir perangkat China untuk jaringan pemerintah dengan alasan keamanan nasional dan menuduh hardware dari kedua perusahaan tersebut dapat menjadi pintu masuk bagi pemerintah China ke jaringan AS. Sejak 2012, produsen peralatan jaringan terbesar di dunia, Huawei, telah dilarang menjual perangkatnya di AS.

China dan Huawei berulang kali menyangkal tuduhan spionase dan keamanan nasional dari pemerintah AS dan menuduh AS sebenarnya khawatir karena perusahaan China lebih maju dalam pengembangan jaringan 5G.

Saksikan video tentang kerajaan bisnis Huawei di bawah ini: (roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading