Internasional

Pemerintah Jerman Gelar Rapat Rahasia Bahas Nasib Huawei

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 February 2019 15:15
Pemerintah Jerman Gelar Rapat Rahasia Bahas Nasib Huawei
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Jerman akan mengadakan rapat rahasia pada Rabu (6/2/2019) waktu setempat untuk membahas nasib Huawei Technologies dalam membangun teknologi jaringan 5G, media Handelsblatt melaporkan dari sumber di pemerintahan dan dikutip Reuters.

Pertemuan rahasia ini akan difokuskan pada persyaratan keamanan dan sertifikasi untuk mencegah tindakan memata-matai yang harus dipenuhi Huawei. Persyaratan ini akan disusun Federal Network Agency dan disepakati oleh China. Aturan ini untuk memastikan jaringan 5G aman dari tindakan kejahatan spionase.

Rencananya pertemuan rahasia yang dilakukan di sela-sela rapat kabinet ini akan dihadiri menteri luar negeri, menteri ekonomi dan keuangan, dan menteri transportasi dan komunikasi Jerman untuk membahas usulan dari Deutsche Telekom tentang keamanan nasional, mengutip surat kabar Handelsblatt.


Kemarin, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan Jerman membutuhkan jaminan Huawei tidak akan menyerahkan data milik Jerman pada pemerintah China agar Huawei bisa berpartisipasi dalam pembangunan teknologi 5G.

Merkel, dalam kunjungannya ke Jepang, mengatakan masalah keamanan penting bagi Jerman dan perlu berkomunikasi dengan pemerintah China sehingga "perusahaan tidak hanya menyerahkan data ke negara."

Huawei sedang menghadapi pengawasan dari berbagai negara karena kedekatannya dengan pemerintah China. Raksasa teknologi asal Tiongkok ini dituduh berpotensi melakukan spionase yang selalu dibantah manajemen Huawei.
[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading