WhatsApp Beberkan 4 Jurus Bendung Akun Spam

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
22 January 2019 - 17:08
WhatsApp Beberkan 4 Jurus Bendung Akun Spam
Jakarta, CNBC Indonesia - WhatsApp, anak usaha dari Facebook, mengumumkan sejumlah langkah untuk mengurangi akun spam. Demikian disampaikan WhatsApp dalam siaran pers bertajuk Press Circle: Election Integrity 'Pemuda Memilih' di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Berikut upaya yang dilakukan oleh WhatsApp:

Pertama, label "Forwarded". WhatsApp menambahkan sebuah label "Forwarded" yang menandakan ketika seorang pengguna menerima pesan yang telah diteruskan (di forward) sebelumnya untuk mereka.

"Hal ini membantu pengguna mengetahui bahwa pesan yang mereka terima itu tidak dibuat oleh orang yang mengirimkannya dan kami mengajak pengguna untuk berpikir dua kali sebelum membagikan pesan terusan," tulis Facebook.


Kedua, batasan untuk meneruskan pesan: batasan secara global adalah lima obrolan dalam satu waktu.

"Kedepannya kami akan terus mencari solusi baru untuk mengatasi peredaran informasi yang viral."

Ketiga, melarang akun spam. WhatsApp memiliki teknologi deteksi yang bekerja sepanjang waktu untuk menemukan akun yang menunjukkan aktivitas abnormal, sehingga mereka tidak bisa lagi digunakan untuk menyebarkan spam atau misinformasi.

Selain itu, WhatsApp juga mengandalkan laporan dari pengguna untuk mengambil tindakan terhadap akun yang mengirimkan pesan-pesan yang tidak diinginkan.

Keempat, sistem pelaporan yang diperbaharui. WhatsApp melakukan beberapa perubahan terhadap fungsi pelaporan di dalam aplikasinya dengan menyediakan fungsi "Report Spam".

Kini fungsi itu disebut "Report" yang mengajak pengguna untuk memberitahukan kepada WhatsApp mengenai isu-isu potensial yang mereka temukan di WhatsApp.

"Tim kami terdiri dari para ahli Bahasa Indonesia. Selain itu, kami juga menyediakan opsi bagi pengguna untuk menyimpan pesan yang dilaporkan, di ponsel mereka, jika mereka ingin membagikannya dengan tim pemeriksa fakta atau petugas penegakkan hukum," tulis WhatsApp.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading