Startup

Rilis Harry Potter, Developer Pokemon Go Disuntik Rp 3,4 T

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 January 2019 15:30
Rilis Harry Potter, Developer Pokemon Go Disuntik Rp 3,4 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Developer game Pokemon Go, Niantic, menyatakan telah berhasil mengumpulkan dana sebesar US$245 juta atau setara Rp 3,43 triliun (asumsi US$1 = R= 14.000) dalam pendanaan Seri C yang dipimpin IVP.

Pada 2015, Niantic memisahkan diri dari induk Google, Alphabet, dan jadi perusahaan swasta independen dengan pendanaan Seri A US$35 juta dari Grup Pokemon Company, Google, dan Nintendo.

Setelah peluncuran Pokemon Go, perusahaan mengumpulkan US$200 juta dalam pendanaan Seri B, yang dipimpin oleh Spark Capital dan termasuk investor tambahan seperti NetEase. Putaran terakhir ini akan membawa valuasi perusahaan menjadi hampir US$4 miliar.


"IVP bersemangat untuk mendukung Niantic dalam membangun masa depan AR," kata Sandy Miller IVP dalam sebuah pernyataan. "AR memberikan keajaiban pada game yang sangat populer, yang menyatukan dunia digital dengan dunia fisik."

Pendanaan Seri C akan digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna AR dengan berinvestasi pada peningkatan kapabilitas, machine learning dan Niantic Real World Platform, sistem operasi perusahaan yang menjembatani dunia nyata dan digital.

Niantic berencana untuk menambah game mainannya dengan merilis "Harry Potter: Wizards Unite" dengan WB Games.

Dengan konsep yang mirip dengan Pokemon Go, pengguna akan dapat menjelajahi lingkungan dan kota mereka di seluruh dunia, mempelajari mantra dan berinteraksi dengan binatang buas dan karakter AR berdasarkan novel karya JK Rowling.

Ini adalah peluncuran game AR besar pertama sejak Pokemon Go pada 2016, yang dalam dua tahun diunduh lebih dari 800 juta kali.

Investasi strategis dalam pendanaan Seri C juga berasal dari aXiomatic Gaming, Battery Ventures, Causeway Media Partners, CRV, dan Samsung Ventures.
[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading