Grab Mulai Mendisrupsi Bisnis Distribusi Asuransi

Fintech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
16 January 2019 19:28
Grab Mulai Mendisrupsi Bisnis Distribusi Asuransi
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah mendisrupsi bisnis transportasi umum di delapan negara Asia Tenggara, Grab mulai masuk ke bisnis asuransi dengan menggandeng ZhongAn Technologies International Group Ltd, anak usaha ZhongAn Online P&C Insurance Co., Ltd., penjamin asuransi berbasis internet pertama di China.

Dalam kerja sama ini, Grab dan ZhongAn akan membentuk perusahaan joint venture yang akan menciptakan platform digital distribusi produk asuransi di Asia Tenggara. Pelanggan Grab akan dapat membeli produk asuransi inovatif langsung dari aplikasi Grab.

Joint venture tersebut akan bermitra dengan penjamin asuransi terkemuka untuk menawarkan produk asuransi dalam platform milik mereka. Platform ini akan diluncurkan di Singapura pada paruh pertama tahun 2019, sebelum diluncurkan di negara-negara lain.

Kehadiran platform ini diharapkan membuka akses terhadap produk-produk asuransi bagi orang-orang yang termasuk dalam kategori uninsured dan underinsured melalui telepon selular. Masyarakat bisa mencari dan membeli produk asuransi dengan biaya terjangkau melalui aplikasi Grab, tanpa perlu melewati agen atau broker.


Kerja sama ini akan menjembatani permasalahan yang kerap ditemui untuk mencari produk asuransi yang tepat, premi yang kurang terjangkau, serta pilihan pembayaran yang memungkinkan pembayaran premi asuransi untuk dapat disesuaikan dan dipotong secara otomatis melalui GrabPay atau mitra pembayaran lainnya.

Sebagai langkah awal, bersama dengan perusahaan asuransi Chubb, Grab akan menawarkan produk asuransi bagi mitra pengemudi di Singapura untuk melindungi mereka dari risiko kehilangan pendapatan karena penyakit atau kecelakaan.

Grab Mulai Mendisrupsi Bisnis Distribusi AsuransiFoto: Infografis/Gojek vs grab di Asia Tenggara/Aristya Rahadian Krisabella


Ruben Lai, Head of Grab Financial, mengatakan, pihaknya memiliki misi untuk membawa layanan finansial yang relevan dan terjangkau ke Asia Tenggara. Melalui kerja sama ini, Grab berharap dapat menyediakan pelanggan, mitra pengemudi dan merchant dengan perlindungan asuransi yang relevan dan terjangkau dari berbagai ketidakpastian hidup.

"Sebagai satu-satunya pemain dalam industri pembayaran digital yang memiliki lisensi di enam negara besar Asia Tenggara, kami akan meningkatkan jangkauan regional dan bekerja sama dengan mitra asuransi global untuk tumbuh dengan pesat di berbagai negara tempat kami beroperasi," ujarnya, dalam siaran pers, Rabu (16/1/2018).

[Gambas:Video CNBC] (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading