Perkembangan Teknologi

Terungkap! Apple Telah Ganti 11 Juta Baterai iPhone Seri Lama

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
16 January 2019 10:19
Terungkap! Apple Telah Ganti 11 Juta Baterai iPhone Seri Lama
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple Inc mengganti 11 juta baterai iPhone selama program penggantian baterai berlangsung, meskipun diperkirakan hanya 1 juta hingga 2 juta di antaranya yang akan diganti.

Hal ini menurut pakar Apple John Gruber. Bloomberg yang pertama kali melaporkan angka ini yang bersumber dari laporan CEO Apple Tim Cook saat pertemuan dengan para investor.

Program penggantian baterai Apple dimulai Januari tahun lalu dan berjalan hingga 31 Desember. Program ini memungkinkan pemilik iPhone 6 dan model yang lebih baru untuk mengganti baterai mereka hanya dengan US$ 29.


Program ini diluncurkan sebagai bentuk permohonan maaf karena secara sengaja memperlambat kinerja iPhone seri lama. Apple beralasan memperlambat kinerja iPhone untuk mengantisipasi iPhone mati secara tiba-tiba. Penggantian baterai membantu iPhone beroperasi dengan kinerja terbaiknya lagi.

Ini adalah salah satu alasan mengapa estimasi pengiriman pada kuartal keempat tahun fiskal dan penyebab mengapa penurunan penjualan pada kuartal pertama, kata Apple seperti dikutip dari CNBC International, Rabu 916/1/2019).

Pada 2 Januari lalu, Apple merevisi perkiraan pendapatannya untuk kuartal pertama tahun fiskal 2019. Tim Cook mengaitkan penurunan penjualan iPhone dan menurunkan prediksi penjualan karena perang dagang AS-China dan perlambatan ekonomi.

Dalam suratnya kepada investor, Tim Cook juga menyalahkan program penggantian baterai iPhone sebagai penyebab penurunan proyeksi pendapatan perusahaan.

"Beberapa pelanggan mengambil keuntungan dari penurunan harga itu untuk mengganti baterai iPhone." Namun, ia tidak menyebutkan bahwa Apple memperkirakan sekitar 10 juta lebih pelanggan yang akan mengganti baterai iPhone, seperti yang dinyatakan Gruber.

Apple tidak menanggapi permintaan komentar.

Casing baterai baru

Foto: Apple/CNBC International

Apple baru saja meluncurkan tiga casing baterai pintar baru untuk iPhone terbarunya. Ini pertama kalinya Apple meluncurkan casing baterai sejak yang pertama kali dijual untuk iPhone 6 / iPhone 6s.

Casing tersedia dalam warna hitam atau putih dan dapat dibeli untuk iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR.

Apple meningkatkan daya tahan baterai tetapi membuat ponsel sedikit lebih tebal. Casing ini juga bekerja dengan pengisi daya nirkabel.

Apple mengatakan casing iPhone XS menawarkan penggunaan internet hingga 21 jam atau pemutaran video 25 jam, casing iPhone XS Max menawarkan penggunaan internet hingga 20 jam atau pemutaran video 25 jam, dan casing iPhone XR menawarkan hingga 22 jam penggunaan internet atau 27 jam pemutaran video.

Casing dapat dipesan sekarang dan akan tersedia di toko pada 18 Januari.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading