Perkembangan Teknologi

Hai Startup, Kini Venture Capital Kian Royal Salurkan Duit

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 January 2019 17:12
Hai Startup, Kini Venture Capital Kian Royal Salurkan Duit
Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun 2018 menjadi tahun yang penting bank perusahaan venture capital (modal ventura). Pasalnya, tahun lalu jumlah dana yang disuntikkan venture capital mencetak nilai tertinggi sepanjang sejarah.

Tahun lalu, perusahaan venture capital menyuntikkan dana US$131 miliar atau setara Rp 54.754 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000) untuk 8.949 penawaran, menurut data yang diterbitkan PitchBook dan National Venture Capital Association, Kamis (10/1/2019).

Rekor dana yang digelontorkan venture capital sebelumnya sebesar US$100 miliar di tahun 2000. Meski begitu, dari sisi penawaran mengalami penurunan 5% dari tahun sebelumnya. Pesatnya suntikan dana dari venture capital ini dikarenakan booming dotcom.


Cameron Stanfill, analis PitchBook yang turut menulis laporan itu, mengatakan meski jumlah penawaran berkurang, tahun lalu valuasi startup cukup tinggi sehingga butuh dana besar untuk bisa masuk ke sebuah perusahaan startup

Hai Para Startup, Kini Venture Capital Kian Royal SajaFoto: infografis/TIPS STARTUP AGAR DAPAT SUNTIKAN DANA SEGAR/Aristya Rahadian Krisabella

"Ada banyak uang yang bersaing, tetapi jumlah perusahaan bagus yang ingin disuntik terbatas, dan itu mendorong harga naik," ujar Cameron Stanfill kepada CNBC International, Jumat (11/1/2019). Lebih dari 61% suntikan modal yang diberikan venture capital memiliki nilai transaksi US$50 juta ke atas.

Tahun lalu jumlah perusahaan yang disokong venture capital melantai di bursa mencatatkan rekor tertinggi. Tahun ini, Airbnb, Uber, Lyft, Pinterest, Slack, dan Palantir sudah menyampaikan rencana untuk melantai di bursa saham.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading