e-Commerce

Jokowi Kagum e-Commerce RI Bermodal Rp 80 Ribu Jadi Unicorn

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
11 January 2019 10:47
Jokowi Kagum e-Commerce RI Bermodal Rp 80 Ribu Jadi Unicorn
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada acara ulang tahun ke 9 Buka Lapak di JCC , Kamis (10/1/2019) menyampaikan kekaguman terhadap pengusaha teknologi Indonesia yang berhasil menjadi Unicorn dari modal Rp 80 ribu.

Sebelumnya, diketahui bahwa Bukalapak telah berhasil menjadi perusahaan rintisan (startup) Unicorn Ke-4 Indonesia.

"Pak Zaky tadi menyampaikan Bukalapak sudah didirikan 9 tahun yang lalu. dengar-dengar modalnya 80 ribu rupiah, benar?" Tanya Jokowi kepada Achmad Zaky CEO dan Co-Founder BukaLapak.

Ahmad Zaky menjawab "Bener pak 80 ribu rupiah," lalu disambut oleh tepuk tangan penonton.

"Ini untuk iuran resevasi alamat internet, www.bukalapak.com," tambah Jokowi.

Jokowi juga mengatakan setelah BukaLapak didirikan, terdengar kabar Ahmad Zaky pernah ingin menyerah karena kehabisa uang. "Calon mertua juga sudah ga yakin, apakah BukaLapak ini memberikan penghasilan yang stabil atau tidak," Kata Jokowi. "Jadi pak Zaky saat itu udah mau bubarin Bukalapak."

"Tapi saat itu sudah ada ribuan usaha kecil menengah (UKM) yang bergantung pada Bukalapak. Jadi Pak Zaky tetap semangat agar bisa survive meneruskan perjuangannya dan menjadi sukses besar seperti yang kita lihat saat ini."

Jokowi juga menyampaikan keinginannya untuk Ahmad Zaky dan seluruh manajemen agar terus memperjuangkan BukaLapak dan menjadi inspirasi untuk seluruh pengusaha di seluruh Indonesia.

Jokowi Kagum e-Commerce RI Bermodal Rp 80 Ribu Jadi UnicornFoto: Aristya Rahadian Krisabella

Presiden RI mengatakan peluang e-commerce di Indonesia masih besar sekali. Merujuk pada data Google dan Temasek.

"Baru 2 bulan lalu Google dan temasek memperkirakan perdagangan e-commerce (di Indonesia) US$23,2 miliar dan untuk Gross Merchandise Volume (GMV) angka itu naik 144% dari tahun sebelumnya. Lompatan yang tinggi Sekali," ujarnya. "Google memprediksi akan jadi US$35 miliar di tahun 2025. Jika dikonversikan kira-kira Rp 700 triliun."

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading