Startup

Dari Bos BI ke Komisaris Utama Tokopedia, Ini Kata Agus Marto

Fintech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
10 January 2019 08:05
Dari Bos BI ke Komisaris Utama Tokopedia, Ini Kata Agus Marto
Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo ditunjuk sebagai komisaris utama startup e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia.

Pernah menjabat sebagai direktur utama Bank Mandiri untuk periode 2005-2010, Agus Marto kini bergabung dengan Tokopedia ketika perusahaan tersebut memasuki fase pertumbuhan baru dan tengah mengembangkan ekosistemnya menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS).



Pengembangan itu ditujukan untuk memberdayakan dan memperkuat perekonomian Indonesia secara inklusif, baik online maupun offline.


"Saya melihat Tokopedia sangat konsisten memberdayakan masyarakat melalui teknologi, sehingga ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh secara kuat, seimbang dan berkesinambungan," tutur Agus Marto, sebagaimana dikutip dari pernyataan resmi perusahaan yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (10/1/2019).

"Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan mengontribusikan pengalaman saya untuk mendukung cita-cita perusahaan dalam mendorong pengembangan ekonomi yang inklusif," tambahnya.

Dari Bos BI ke Komisaris Utama Tokopedia, Ini Kata Agus MartoFoto: Infografis/KOMPETISI E-COMMERCE DI INDONESIA/Aristya Rahadian Krisabella

Dalam kariernya yang panjang di bidang keuangan, Agus Marto yang menjadi menteri keuangan periode 2010-2013 itu memiliki sederet prestasi. Beberapa di antaranya adalah Gubernur Bank Sentral Terbaik se-Asia Pasifik dari majalah Global Markets (EuroMoney) di 2017, Finance Minister of the Year untuk Asia Pasifik dari The Banker (Financial Times) di 2012, dan Asia's Best Executive dari AsiaMoney di 2006.



CEO sekaligus Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan pengalaman dan kearifan Agus Marto akan sangat berharga dalam membina para pemimpin dan institusi perusahaannya untuk menjadi perusahaan teknologi kelas dunia.

"Kehadiran Pak Agus akan memperkuat momentum kinerja perusahaan yang tengah memasuki tahun ke-10 mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital," ungkapnya.



(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading