Perkembangan Teknologi

Jadi Jawara Ekonomi Digital, RI akan Tiru Langkah China

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
09 January 2019 12:03
Jadi Jawara Ekonomi Digital, RI akan Tiru Langkah China
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan ekonomi digital Indonesia akan mencapai US$130 miliar pada 2020 dan menjadi salah satu ekonomi digital terbesar di Asia.

Untuk mencapai rencana tersebut, Rudiantara mengatakan semua aktivitas akan dimaksimalisasikan dengan menggunakan teknologi.

"Kami sedang mengikuti langkah seperti yang dilakukan China. Bagaimana China mengembangkan kebijakan yang telah mereka luncurkan 10 tahun lalu untuk mengantisipasi masa depan. Kami juga merujuk kepada negara lain," ujarnya Rudiantara di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (9/1/2019).


Rudiantara mengatakan pada masa ini pemerintah siap berinvestasi untuk mengembangkan teknologi mutahir dan pemerintah ingin menguasai penggunaan teknologi.

Dalam menghadapi industri 4.0, pemerintah akan mempersiapkan sumber daya manusia dan talentanya.

"Kami memiliki kapasitas tetapi kami belum memiliki struktur tersebut. Kenapa [Alibaba] tidak membawa silabus ke Indonesia seperti core computing, artificial intellegence dan lainnya," tambah Rudiantara.

"Kami menyukai investor asing. Tetapi mereka harus memberikan nilai tambah pada negara ini. Ini yang disebut value creation, ketika kalian berpartisipasi."

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading