CES 2019

CES 2019 Jadi Medan Tempur Produsen TV: Samsung Vs LG

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
08 January 2019 20:22
CES 2019 Jadi Medan Tempur Produsen TV: Samsung Vs LG
Jakarta, CNBC Indonesia - CES, pameran dagang elektronik konsumen terbesar di dunia, selalu menjadi medan pertempuran bagi para pembuat TV yang siap memukau dengan keajaiban layar terbaru.



Bahkan sebelum CES 2019 dimulai, merek-merek besar asal Korea Selatan, Samsung dan LG telah memamerkan keajaiban mereka. Samsung dengan TV "modular" 75 inci yang dapat dipisahkan atau disatukan untuk membentuk ukuran yang berbeda, dan LG dengan TV yang dapat menggulung ke atas atau ke bawah.



Tetapi perkembangan yang paling menarik adalah Apple yang memungkinkan TV Samsung dan LG untuk "mendukung secara native" AirPlay 2-nya. Ini berarti pengguna iPhone atau iPad sekarang dapat dengan mudah memutar video dari iTunes atau aplikasi video lainnya ke TV tanpa konsol streaming TV Apple.


Selain itu, TV Samsung 2018 dan 2019 akan memiliki aplikasi iTunes khusus  yang memungkinkan akses ke film iTunes dan perpustakaan acara TV seseorang. Ini pertama kalinya Apple mengizinkan aplikasi iTunes berada di perangkat pihak ketiga selain dari Windows.



"Dimasukkannya aplikasi iTunes di Samsung Smart TV adalah masalah besar, karena membuka akses ke konten iTunes di jutaan perangkat," kata Paul Gagnon, direktur riset dan analisis teknologi IHS Markit.

 Ini merupakan perubahan besar dalam pendekatan "end to end" Apple untuk konten dan ekosistem, tambahnya.



Pada Minggu (6/1/2019), penyelenggara CES 2019 yang berlangsung dari 8 Januari hingga 11 Januari, memperkirakan akan ada lebih sedikit TV yang dijual di Amerika Serikat (AS) tahun ini.

 Penyelenggara CES Consumer Technology Association (CTA) mengatakan akan ada 42 juta unit TV terjual di AS tahun ini - penurunan 1 persen dari 2018.

Tetapi peningkatan di masa depan akan didorong oleh TV 4K, yang penjualannya di AS akan peningkatan 14% dibandingkan dengan tahun 2018, serta TV 8K terbaru, kata asosiasi tersebut.


Foto: CES 2019 (REUTERS/Steve Marcus)


"Konsumen bergerak ke atas dalam hal ukuran layar TV," kata Ben Arnold, direktur senior inovasi dan tren CTA, selama presentasi pada hari Minggu. Tetapi TV 8K yang memiliki ukuran 65 inci dan lebih besar, Arnold memperkirakan TV 8K akan menjadi TV layar besar paling laris.



Ini karena "sifat pelanggan premium yang membelinya di harga tinggi dan daya tarik pengalaman visual", tambahnya.



Baik Samsung dan LG telah meluncurkan TV 8K dengan ukuran masing-masing hingga 88 inci dan 98 inci. Sementara itu, raksasa teknologi Jepang Sony juga meluncurkan TV LCD 8K pertamanya dengan Bravia Master Series Z9G, yang akan tersedia dalam 85 inci dan 95 inci.



Produk modular baru Samsung, TV microLED 4K 75 inci, masih dalam tahap prototipe, sementara LG Oled TV R, TV rollable-nya, akan mulai dijual sekitar tahun ini, meskipun harganya belum dikonfirmasi.

Modular adalah suatu produk yang bisa pasangkan dengan produk lainnya dengan mudah. 

LG Signature Oled TV R memiliki bilah suara besar yang berfungsi sebagai dudukan untuk TV bergulir untuk muncul dan menghilang.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading