Kota Yangon, Juara Pesan Grab Saat Tahun Baru

Fintech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
08 January 2019 - 18:26
Kota Yangon, Juara Pesan Grab Saat Tahun Baru
Jakarta, CNBC Indonesia - Lonjakan pesanan Grab terjadi di sejumlah kota besar di Asia Tenggara ketika malam pergantian tahun baru 2019 lalu.

Berdasarkan rilis data dari Grab, kota Yangon, Myanmar mengalami lonjakan pesanan hingga 19,7 kali pada pukul 01.00 dini hari. Selanjutnya, lonjakan kedua ada di kota Phnom Penh, Kamboja yang juga terjadi di waktu yang sama.

Lonjakan ketiga adalah Bangkok, Thailand dengan total pesanan 15,2 kali dibanding hari biasanya. Disusul Hanoi, Vietnam yang mengalami lonjakan hingga 10,6 kali dan kemudian Singapura sebanyak 9,5 kali pada pukul 03.00 dini hari.


Bagaimana dengan Jakarta? Tak seperti kota lain di Asia Tenggara, lonjakan pesanan Grab di Jakarta hanya terjadi sebanyak tujuh kali saja yang terjadi pada pukul 01.00. Tak berbeda jauh dengan Jakarta, Metro Manila, Filipina hanya mengalami lonjakan sebanyak lima kali.

Pergantian tahun baru lalu memang menyajikan beberapa fakta unik. Mulai dari banyaknya pesanan hingga berapa banyak pesanan chat yang telah terkirim dengan Grab Chat. Tak hanya itu, urusan perut juga menjadi sorotan. Kenapa?

Di Indonesia misalnya, pesanan Grab Food terbanyak adalah untuk 40 porsi kwetiau dengan total belanja hingga lebih dari Rp 1,5 juta. Sementara di negara tetangga yaitu Malaysia, pesanan Grab Food terbanyak pada malam tahun baru adalah beberapa jenis makanan seafood, kacang hingga jus jeruk dengan total belanjaan mencapai RM291 atau sekitar Rp1 juta.

Berbeda dengan di Filipina, pesanan Grab Food tersebsar adalah untuk pesanan dari Goldilocks berisi kue coklat, lumpia, hingga lasagna yang menghabiskan 2.400 peso atau sekitar Rp 651 ribu. Sedangkan di Singapura, pesanan Grab Food terbanyak berupa nasi goreng, bayam, kangkung, hingga telur goreng fu yong. Total belanjaannya mencapai 147 dolar Singapura atau lebih dari Rp 1,5 juta.


[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading