CES 2019

Gusur Nvidia, Intel Gandeng Facebook Luncurkan Chip AI

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
08 January 2019 17:57
Gusur Nvidia, Intel Gandeng Facebook Luncurkan Chip AI
Jakarta, CNBC Indonesia - Intel Corp mengatakan pada Senin (7/1/2019) di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas bahwa mereka bekerja sama dengan Facebook Inc untuk menyelesaikan chip kecerdasan buatan (artificial intelligence) baru pada paruh kedua tahun ini.

Intel membuat Chip tersebut untuk mempertahankan segmen pasar komputasi kecerdasan buatan yang tumbuh cepat dan menghadapi persaingan serupa dari Nvidia Corp dan unit Amazon Web Services (AWS).

Chip baru ini akan membantu para peneliti melakukan inferensi, yang merupakan proses mengambil algoritma kecerdasan buatan dan menggunakannya, misalnya dengan menandai teman di foto secara otomatis.


Prosesor Intel saat ini mendominasi pasar untuk inferensi machine learning, yang menurut para analis di Morningstar akan bernilai US$11,8 miliar (Rp 167 triliun) pada tahun 2021. Pada September, Nvidia meluncurkan chip inferensi sendiri untuk bersaing dengan Intel.

Pada November, Amazon juga mengatakan telah menciptakan chip inferensi. Namun, Chip Amazon bukanlah ancaman langsung terhadap bisnis Intel dan Nvidia karena tidak akan menjual chip tersebut.

Amazon akan menjual layanan kepada pelanggan cloud AWS nya yang beroperasi di atas chip mulai tahun depan. Jika Amazon mengandalkan chipnya sendiri, itu bisa bersaing dengan Nvidia dan Intel dari pelanggan utamanya.

Masih di CES, Intel mengatakan Dell Technologies Inc akan menampilkan prosesor generasi berikutnya dari Intel di jajaran XPS laptop. Chip tersebut disebut chip 10-nanometer yang sebelumnya telah ditunda.

Tapi Navin Shenoy, kepala pusat data Intel, menegaskan chip baru akan tersedia di laptop pada musim belanja liburan 2019 dan untuk pusat data pada awal tahun 2020.

Kepala unit komputer mobil self-driving Intel Mobileye, Amnon Shashua mengatakan Mobileye telah memetakan semua jalan raya di Jepang, menggunakan kamera yang sudah tertanam dalam kendaraan yang diproduksi oleh Nissan Motor Co Ltd.

Sistem mobileye telah dilengkapi dari pabrik. Saingan teknologi Intel seperti Alphabet Inc dan Apple Inc sedang mengumpulkan data pemetaan melalui kendaraan khusus dengan kamera yang terpasang di atasnya.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading