Resmi Jadi Decacorn, Inilah yang Akan Dilakukan Grab di 2019

Fintech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
21 December 2018 - 16:20
Resmi Jadi Decacorn, Inilah yang Akan Dilakukan Grab di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab, aplikasi transportasi online terpopuler di Asiang Tenggara, telah melewati tahun yang penuh gejolak sejauh ini.

Dikutip dari TechwireAsia, pada bulan Maret, aplikasi Grab mengakuisi Uber, pesaingnya di Asia Tenggara dan secara virtual memonopoli operasi di wilayah ini.

Kesepakatan itu dikatakan telah berdampak pada pengemudi dan juga pelanggan, dan membuat perusahaan bermasalah dengan regulator karena melanggar undang-undang anti persaingan di Singapura. Grab akhirnya terpaksa membayar denda US$ 13 juta (Rp 188 miliar).


Tetapi kesepakatan itu juga memungkinkan Grab untuk memperluas bisnis intinya, dan menjadi superapp sehari-hari. Perusahaan mulai meluncurkan layanan baru (GrabFood, GrabPay, GrabDelivery) di seluruh wilayah.

Dengan valuasi US$ 11 miliar, Grab adalah pertama dan satu-satunya decacorn di Asia Tenggara, dan berencana melipat gandakan nilai dengan mengintegrasikan lebih banyak layanan di platformnya.

Untuk itu, perusahaan juga membuka pusat R&D ke-7 di Kuala Lumpur dan berencana menambah 1.000 pekerjaan teknologi untuk mendukung upaya pengembangan.

Jadi, apa sebenarnya yang akan dilakukan Grab pada tahun 2019?

Sean Goh, Grab Country Head Malaysia, memasukkan rencana dan visi perusahaan untuk tahun depan.

Lebih banyak fitur keselamatan yang digerakkan oleh teknologi

Tahun ini, Grab telah melayani satu dari sepuluh orang Malaysia, dan driver telah menyelesaikan sekitar 200 juta perjalanan yang totalnya mencapai sekitar 1,45 miliar kilometer.

Mengakui bahwa sektor transportasi adalah bagian inti dari bisnis, Grab mencari untuk meningkatkan kemampuannya sebagai perusahaan teknologi untuk mengembangkan fitur keamanan yang digerakkan teknologi untuk diintegrasikan ke dalam platformnya.

"Kami memulai proyek percontohan telematika tahun ini, yang melihat pola mengemudi dari pengemudi, apakah mereka mengemudi terlalu cepat atau ngebut. Tergantung pada tingkat keparahan kasusnya, kami akan menyarankan dan memberikan driver kami tips tentang kebiasaan mengemudi mereka." Dilansir dari techwireasia, Jumat (21/12/18).

Goh menambahkan, bahwa perusahaan juga mencari untuk meningkatkan fitur keamanan untuk mitra pengemudi mereka tahun depan. Salah satu teknologi yang sedang dikembangkan adalah teknologi pengenalan wajah yang akan memanfaatkan kamera smartphone untuk mengidentifikasi penumpang yang menggunakan platform tersebut.

Persaingan superapp

Pada 2019, Grab akan menambahkan lebih banyak lagi layanan sesuai permintaan di platformnya, untuk meningkatkan statusnya sebagai superapp. Ia berencana untuk mendatangkan pemimpin pasar global dan regional melalui GrabPlatform, kemampuan baru yang memungkinkan vendor untuk mengintegrasikan layanan mereka dengan Grab.

Di antara merek yang dijadwalkan untuk ditampilkan pada Grab tahun depan termasuk platform pemesanan hotel Booking.com, penyedia layanan kesehatan Ping An Good Doctor, dan layanan pengiriman bahan makanan Happy Fresh.

"Ada beberapa kategori di mana ada pemain yang cocok. Tetapi banyak kategori lain, kami melihat pasar yang terpecah di mana kami tahu tiga pemain teratas dari Malaysia berbeda dari tiga pemain teratas di Indonesia."

Dalam kasus-kasus tersebut, Grab akan membawa mereka yang paling baik melayani kategorinya di negara tersebut.

Masa depan yang mulus

Karena orang menghabiskan lebih banyak waktu pada ponsel mereka dan lebih sedikit waktu beralih antar-aplikasi, superapp Grab akan berfungsi untuk meningkatkan keterlibatan. Tapi Goh percaya ada yang lebih dari itu.

"Kami mencoba untuk mengikatnya bersama-sama, tidak hanya memiliki satu platform. Misalnya, anda mendapatkan imbalan di semua layanan berbeda yang anda gunakan, dan poin dari satu layanan dapat ditukarkan pada layanan yang berbeda."

Membawa layanan kepada pengguna dengan cara yang paling nyaman, memastikan pengalaman yang mulus dan tanpa gesekan adalah tujuan akhir untuk Grab di tahun mendatang.

"Ketika menyangkut layanan, ini adalah tentang relevansi. Kami ingin memberikan kepada pengguna kami layanan yang kami tahu akan mereka gunakan dan sukai. Tidak ada kompromi di sana."
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading