Bermitra dengan Grab, Toyota Kirim 1.500 Prius Ber-Black Box

Fintech - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
18 December 2018 - 13:45
Bermitra dengan Grab, Toyota Kirim 1.500 Prius Ber-Black Box
Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota akan mengirim 1.500 mobil hybrid Prius yang akan digunakan untuk aplikasi berbagi transportasi Grab di Singapura.

Mobil yang menggunakan kombinasi bahan bakar bensin dan listrik ini dilengkapi dengan "kotak hitam" yang merupakan inisiatif Toyota untuk lebih memahami bagaimana kendaraannya digunakan.

Dikutip dari theindependent.sg, sebanyak 5.500 black box lainnya akan dipasang di seluruh armada Grab yang sudah beroperasi di Singapura. Detail lebih lanjut akan diselesaikan dan diumumkan minggu depan.


Perekam akan berfungsi sebagai sarana yang digunakan oleh Toyota untuk lebih memahami perilaku mengemudi mobil-mobilnya. Data sulit didapat oleh Toyota secara cepat dari mobil pribadi. Informasi yang diperoleh oleh kotak hitam akan digunakan untuk meningkatkan produksi besar mobil tersebut.

Inisiatif ini juga akan menguntungkan operator Grab karena pusat layanan Toyota dapat memonitor kendaraan dengan ketat dan menghindari kerusakan dengan melakukan layanan pencegahan yang lebih akurat.

Selain itu, mobil Grab sekarang dapat menikmati "layanan ekspres" seperti jalur ekspres untuk pemeriksaan dan prosedur perawatan yang lebih cepat. Ini akan mengurangi waktu untuk perawatan sehingga lebih banyak waktu untuk melayani penumpang.

Kerjasama ini merupakan bagian dari investasi US$ 1 miliarĀ  atau sekitar Rp 14,5 triliun yang dibenamkan Toyota ke Grab pada tahun ini.


[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading