Perkembangan Teknologi

6 Tahun Beroperasi, Grab Sudah Disuntik Investor Rp 98,6 T

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
14 December 2018 19:26
6 Tahun Beroperasi, Grab Sudah Disuntik Investor Rp 98,6 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab Holdings baru saja mengumumkan rencana kerja sama strategis dengan Yamaha Motor Co Ltd. Melalui kerja sama itu, Yamaha menyuntikkan modal senilai US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun (kurs Rp 14.500/US$).

Masuknya dana segar dari Yamaha ini mentasbihkan Grab sebagai startup di Asia Tenggara yang paling dilirik investor. Buktinya Grab menjadi perusahaan teknologi yang paling banyak disuntik investor.

Mengutip Techcruch, enam tahun beroperasi Grab sudah berhasil mengumpulkan dana investor sebesar US$6,8 miliar atau setara Rp 98,6 triliun. Grab juga 19 kali menyelenggarakan aksi korporasi pengumpulan dana.


Dari aksi korporasi pengumpulan dana ini, Grab sudah memiliki 38 investor. Investor-investor kakap yang menyuntik Grab adalah Softbank, Microsoft, Yamaha Motor, Hyundai Motor, Booking Holdings hingga Toyota Motor.

Pengumpulan dana investor terbanyak dilakukan tahun ini, di mana Grab berhasil menarik dana investor sebesar US$3 miliar. Grab juga menjadi startup terbesar di Asia Tenggara, memiliki valuasi di atas US$ 11 miliar dan menyandang status decacorn.

Di bawah Grab, startup yang banyak kumpulkan dana investor adalah Gojek. Perusahaan berbagi tumpangan (ride-hailing) ini telah menghimpun dana investor sebesar US$3,3 miliar setelah delapan tahun beroperasi.

Selanjutnya Tokopedia. Startup e-commerce ini telah mengumpulkan dana investor sebesar US$2,4 miliar. Tokopedia memiliki kerja sama dengan Grab dalam pengiriman barang.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading