Perkembangan Teknologi

SoftBank Cs Akan Tolak Perangkat Huawei & ZTE

Fintech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
10 December 2018 14:47
SoftBank Cs Akan Tolak Perangkat Huawei & ZTE
Tokyo, CNBC Indonesia - Tiga operator telekomunikasi besar Jepang berencana mengecualikan penggunaan peralatan jaringan dari perusahaan China Huawei Technologies dan ZTE Corp, Kyodo News melaporkan, Senin (10/12/2018).

Pengecualian itu berlaku untuk peralatan jaringan saat ini dan perangkat 5G di masa depan, tulis Kyodo tanpa mengutip narasumber.


Perwakilan dari tiga perusahaan tersebut, NTT Docomo, KDDI Corp, dan SoftBank Group Corp tidak segera merespons permintaan berkomentar dari Reuters.


Pemerintah Jepang berencana melarang pembelian peralatan Huawei dan ZTE demi memperkuat pertahanannya terhadap kebocoran data intelijen dan serangan siber, kata beberapa sumber kepada Reuters pekan lalu.

Kabar ini muncul menyusul keputusan oleh Amerika Serikat (AS) tahun ini yang melarang pembelian perangkat Huawei oleh pemerintah.



Badan-badan intelijen AS menuduh Huawei terkait dengan pemerintah China dan bahwa peralatannya dapat berisi "celah" yang dapat digunakan oleh mata-mata, meskipun belum ada bukti yang diumumkan secara publik. Perusahaan telah membantah klaim tersebut.


Australia dan Selandia Baru juga memblokir Huawei dari upaya pembangunan jaringan 5G.

Pekan lalu, Perusahaan telekomunikasi Inggris BT Group mengatakan mereka telah menghapus peralatan Huawei dari inti operasi seluler 3G dan 4G yang ada dan tidak akan menggunakan produk perusahaan itu pada jaringan infrastruktur teknologi selanjutnya.

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading