Perkembangan Teknologi

Pakar Teknologi Ini Ingatkan UE akan Risiko Huawei

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
07 December 2018 19:25
Pakar Teknologi Ini Ingatkan UE akan Risiko Huawei Foto: Logo perusahaan di kantor Huawei di Beijing, 6 Desember 2018. REUTERS / Thomas Peter
Jakarta, CNBC Indonesia - Kekhawatiran akan ekspansi perangkat Huawei bukan hanya jadi perhatian dari Presiden Donald Trump. Andrus Ansip, komisioner teknologi Uni Eropa juga mengutarakan kekhawatiran yang sama.

Andrus Ansip mengatakan Uni Eropa harus mengkhawatirkan Huawei dan perusahaan teknologi China lainnya karena risiko yang bisa menjangkiti industri dan keamanan Uni Eropa, seperti dikutip Jumat (7/12/2018).

"Kami harus khawatir tentang perusahaan-perusahaan ini," Andrus Ansip mengatakan pada konferensi pers di Brussels, beberapa hari setelah seorang eksekutif puncak di raksasa teknologi China Huawei ditangkap di Kanada sebagai bagian dari penyelidikan dugaan penipuan bank.


Huawei, yang tahun lalu memiliki pendapatan US$93 miliar dipandang sebagai juara nasional di China, menghadapi pengawasan ketat dari banyak negara Barat karena kedekatannya dengan pemerintah China, didorong oleh kekhawatiran bahwa perangkat Huawei bisa digunakan oleh Beijing untuk memata-matai negara lain.


Ansip mengatakan dia khawatir perusahaan teknologi Cina diminta bekerja sama dengan dinas intelijen China.

Dia juga mengatakan perusahaan-perusahaan tersebut memproduksi chip yang dapat digunakan "untuk mendapatkan rahasia kami".

"Secara normal, orang umum kita harus takut," katanya, menambahkan dia tidak memiliki cukup informasi tentang penangkapan baru-baru ini di Kanada.




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading