Cryptocurrency

Duh, Harga Bitcoin Catat Rekor Terlemah di 16 Bulan Terakhir

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
07 December 2018 15:27
Duh, Harga Bitcoin Catat Rekor Terlemah di 16 Bulan Terakhir Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepercayaan trader dan Investor pada mata uang digital atau cryptocurrency ternyata masih belum pulih. Aksi force-sell masih terjadi yang membuat harganya kembali terjun bebas.

Mengutip Coinbase, hingga pukul 15:07 WIB, Bitcoin dihargai Rp 48,81 juta atau setara US$3.367 per koin. Dalam 24 jam terakhir harga Bitcoin sudah anjlok 11,44%.

Ini merupakan kejatuhan terdalam sepanjang masa yang pernah diderita Bitcoin dalam 24 jam ini. Harga Bitcoin saat ini pun menjadi yang terendah dalam 16 bulan terakhir.


Harga mata uang digital lainnya juga berguguran. Ethereum anjlok 16,24% dalam semalam menjadi Rp 1,25 juta atau setara US$85,78 per koin. Bitcoin Cash anjlok 18,47% dalam 24 jam menjadi US$100,74 per koin ( Rp 1,52 juta).

Direktur Konsultan Keuangan dari Kapronasia, Sennon Kapron mengatakan, pasar cryptocurrency saat ini sangat mendiri. "Pasar dalam tren bearish yang tampaknya tidak terpengaruh oleh pada sentimen yang ada. Pasar Bitcoin didorong oleh ritel, sangat tergantung pada sentimen kelompok yang menyebabkan perubahan besar," ujarnya kepada CNBC International, Jumat (7/12/2018).

"Tanpa ada sentimen positif dalam waktu dekat, [penurunan] ini bisa berlanjut hingga 2019," katanya.

Industri cryptocurrency sedang dikepung sentimen negatif. Salah satunya, soal aturan baru dari otoritas bursa Amerika Serikat (SEC) yang merubah proses persetujuan reksa dana Bitcoin. SEC mengubah waktu perizinan yang sebelumnya 30 hari menjadi bisa lebih panjang dengan alasan butuh waktu buat melakukan penelitian produk.

[Gambas:Video CNBC] (roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading