Perkembangan Teknologi

Seperti Tiktok, Tumblr Bisa Beroperasi Lagi di RI Asal..

Fintech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
07 December 2018 12:58
Seperti Tiktok, Tumblr Bisa Beroperasi Lagi di RI Asal.. Foto: REUTERS/Thomas White
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara tidak menutup kemungkinan kembali dibukanya akses Tumblr di Indonesia. Namun, masih menunggu langkah-langkah yang diambil Tumblr.

Dia menegaskan, Tumblr diblokir lantaran ditengah banyak mengandung konten negatif. "Kan saya sering sampaikan. Kalau yang diblok itu karena ada konten - konten negatif. Kalau mau direaktivasi saya dukung," ujarnya di Jakarta, Jumat (7/12/2018).\




Pihaknya memberikan dua cara yang bisa ditempuh Tumblr jika ingin terbebas dari 'sanksi' Menkominfo. Pertama, Tumblr harus membersihkan konten-konten negatif yang hingga saat ini masih bertebaran dalam platform yang disediakannya.

"Nah saya sendiri belum ketemu lagi sama Tumblr, tapi teman-teman di kantor udah komunikasi katanya mereka sedang membersihkan, itu bagus," imbuh Rudiantara.

Kedua, Tumblr harus mampu meyakinkan Kementerian Kominfo bahwa ada sistem yang disediakan Tumblr untuk mencegah konten negatif kembali masuk. Dua poin penting itu tidak bisa ditawar jika Tumblr ingin kembali dapat diakses warganet Indonesia.

"Sama seperti Tiktok juga gitu kan. Tiktok datang gini gitu gini gini, lalu kami minta bersihkan, ya dibersihkan. Mereka bikin sistem, terus ada orang bahkan yang sengaja memfilter agar konten negatif tidak masuk ke Indonesia.
Sederhana saja, ya kalau ingin diakses masyarakat ya kita harus cari cara lah," pungkasnya.


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading