Enggan Ladeni Perang Tarif, Grab Buka-Bukaan Soal Strategi

Fintech - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
06 December 2018 20:13
Enggan Ladeni Perang Tarif, Grab Buka-Bukaan Soal Strategi Foto: Ilustrasi Grab bike (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab, aplikasi transportasi online terpopuler di Asia Tenggara, mengklaim memiliki tarif paling menguntungkan dalam ojek online baik untuk pengguna maupun mitra pengemudi.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, menjelaskan tarif berbagi transportasi (ride hailing) terdiri atas dua komponen, yakni untuk penumpang dan mitra pengemudi.

"Sistem teknologi kami memungkinkan agar hal paling optimal bisa diberikan untuk keduanya (penumpang dan pengemudi)," ujar Ridzki dalam wawancara eksklusif dengan CNBC Indonesia TV, Kamis (6/12/2018).


Menurutnya, Grab tetap mengincar bisa memberikan harga yang termurah bagi penumpang tetapi menguntungkan bagi pengemudi. Caranya, tutur dia, adalah melalui produktivitas di pengemudi.

"Teknologi kami memungkinan agar mitra bisa mendapatkan order secara berurutan. Lalu kemudahan untuk mereka pergi ke satu tempat yang mereka inginkan. Lalu produtivitas lainnya bila mereka bisa menyelesaikan pekerjaan dengan sangat baik," ujar Ridzki.

Mitra pengemudi Grab tidak hanya mendapatkan pendapatan dari layanan Grab Bike, tetapi juga pengiriman makanan Grab Food, pengiriman logistik Grab Express, hingga top up dari dompet elektronik OVO.

Sebelumnya, Ridzki menyesalkan tindakan dari Go-Jek yang menurunkan tarif kepada penumpang secara tiba-tiba meskipun sebelumnya sang kompetitor mengajak untuk menaikan tarif.

Hal tersebut, tuturnya, sangat tidak memberikan pembelajaran yang baik bagi masyarakat dan mitra driver.

Dia juga mengungkapkan, bahwa Go-Jek pernah meminta Grab untuk ikut menaikkan tarif ketika demonstrasi besar-besaran driver ojek online terjadi 2-3 bulan lalu.

"Pada saat itu kompetitor bilang mereka ingin menaikkan tarif dan meminta Grab untuk ikut ikutan menaikkan tarif," katanya Selasa (4/12/2018).

Kala itu, kata Ridzki, pihaknya menyampaikan bahwa upaya paling tepat untuk meningkatkan kesejahteraan driver adalah melalui produktivitas.

"Kemudian sekarang tiba-tiba menurunkan tarif dengan sangat tiba-tiba. Ini pesan yang tidak jelas bagi mitra pengemudi. Tujuannya apa dan bagaimana ini akan berakibat ke mitra," ujar dia.
(dob/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading