Cryptocurrency

Dalam Sebulan Kapitalisasi Pasar Bitcoin Menguap Rp 1.000 T

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
03 December 2018 17:20
Dalam Sebulan Kapitalisasi Pasar Bitcoin Menguap Rp 1.000 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Bulan November 2018 akan menjadi bulan yang paling diingat investor dan trader Bitcoin. Maklum banyak investor yang menanggung kerugian besar dalam satu bulan tersebut.

Dalam bulan November harga Bitcoin turun 37%, penurunan terburuk sejak April 2011 ketika mata yang digital paling populer ini anjlok 39%, menurut data Coindesk.

Bitcoin mencapai titik terendah pada level US$ 3.878,66 pada akhir November. Angka ini turun dari awal tahun US$6.300. Mata uang digital sekarang turun lebih dari 70 persen sejak awal 2018 dan 80 persen dari nilai tinggi sepanjang masa pada akhir tahun lalu.


Kapitalisasi pasar semua cryptocurrency utama ini menguap US$70 miliar atau setara Rp 1.001 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.300) pada bulan tersebut, menurut CoinMarketCap.com. XRP, cryptocurrency terbesar kedua di dunia, turun 18 persen pada November sementara Eter turun 43 persen dalam periode waktu yang sama.

Michael Moro, CEO Genesis Global Trading, mengatakan "tidak butuh banyak biaya untuk jebol" setelah bitcoin gagal bertahan di atas level support kunci US$5.850.

"Tidak jelas apakah ini adalah dasar penurunan harga atau periode singkat konsolidasi sebelum selanjutnya bergerak turun, tetapi pembeli masih mempertahankan sejumlah uang digital," kata Moro seperti dikutip dari CNBC International, Senin (3/12/2018).

Penurunan Bitcoin tertahap karena mata uang digital mendapat dukungan dari figur kunci utama di Wall Street - Jeff Sprecher, ketua Bursa Efek New York dan CEO perusahaan induknya ICE. Meskipun berita utama dari cryptocurrency bergoncang, Sprecher mengatakan mereka memiliki masa depan di pasar yang diatur.

The Intercontinental Exchange mendukung versi bitcoin futures melalui startup yang disebut Bakkt yang ditayangkan pada bulan Januari. Nasdaq dan VanEck juga menegaskan mereka berencana untuk meluncurkan beberapa produk cryptocurrency, yang termasuk bitcoin futures pada kuartal pertama tahun depan.

Regulator meningkatkan penegakan penawaran koin awal pada bulan November.

Otoritas bursa AS mengumumkan hukuman perdata terhadap para pendiri yang tidak mendaftarkan penawaran koin baru, menambah tindakan keras yang ditujukan untuk pelanggaran dan penipuan langsung dalam industri digital yang sedang berkembang.

Minggu ini, otoritas tersebut menjauhkan hukuman kepada boxer Floyd Mayweather dan produser musik DJ Khaled, yang mempromosikan mata uang digital tetapi tidak mengumumkan bahkan promosi tersebut mendapat bayaran.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading