Hindari Penipuan Online, Grab Andalkan GrabExpress Nalangin

Fintech - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
03 December 2018 15:56
Hindari Penipuan Online, Grab Andalkan GrabExpress Nalangin Foto: Grab Luncurkan Layanan GrabExpress Car dan Fitur GrabExpress Nalangin (dok. Grab)
Jakarta, CNBC Indonesia - Ancaman penipuan masih mendera dalam transaksi online termasuk untuk pembelian barang. Salah satu modus penipuan yang sering terjadi adalah penipuan belanja online.

Dalam modus ini biasanya penipu mengiming-imingi dengan harga murah, baik barang resmi atau black market. Namun, ketika pembayaran sudah dilakukan barang yang dijanjikan tidak pernah dikirim. Modus lain, penipu akan mengirim barang yang berbeda dengan yang dijanjikan, baik itu palsu ataupun rusak.

Pada dasarnya, penipuan dengan modus ini cukup mudah diantisipasi dengan sistem cash on delivery (COD) atau bayar di tempat. Namun, tidak semua toko online menyediakan layanan ini sehingga keraguan bagi pembeli cukup besar bila toko tersebut tidak dikenal.


Nah, untuk memenuhi permintaan yang cukup besar akan layanan COD, aplikasi transportasi online Grab mengeluarkan fitur GrabExpress Nalangin. Ini merupakan layanan pengiriman barang dengan sepeda motor yang dilengkapi sistem COD.

Fitur yang masih dalam tahap uji coba ini memiliki sistem bahwa barang yang dipesan dari toko online akan dibayarkan terlebih dulu oleh mitra pengemudi Grab. Maksimal harga barang yang dapat dibeli di GrabExpress Nalangin maksimal Rp 200.000.

Adapun jarak maksimal dalam layanan GrabExpress adalah 30 kilometer. Setelah pembeli menerima produk, maka biaya pembelian produk & biaya pengiriman dilakukan secara tunai kepada mitra pengemudi.


Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia menyatakan, peluncuran fitur GrabExpress Nalangin menggarisbawahi keunggulan teknologi dan kemampuan Grab dalam menyediakan solusi lokal yang sukses menjawab tantangan yang dihadapi para pengguna di Tanah Air, termasuk kebutuhan wirausahawan mikro di Indonesia yang terus berkembang.

"Hal ini dimungkinkan berkat dukungan tim lokal yang kuat di Indonesia yang memahami kebiasaan dan preferensi masyarakat," ujarnya belum lama ini.

Dalam tahap uji coba, layanan GrabExpress Nalangin akan tersedia secara eksklusif bagi merchant yang melakukan pengiriman secara aktif dalam 3 bulan terakhir.

Melody Prima Ananda Divia, salah satu public figure yang juga menekuni usaha dibidang mode & kecantikan mengatakan layanan GrabExpress Nalangin akan menambah kepercayaan pelanggan yang lebih nyaman dengan pembayaran Cash on Delivery..

"Saya juga merasa aman dengan adanya bukti pengiriman barang serta jaminan asuransi untuk tiap pengiriman," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading