Incar 3,5 Juta Nasabah, Digibank Tingkatkan Fitur dan Layanan

Fintech - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
03 December 2018 11:02
Incar 3,5 Juta Nasabah, Digibank Tingkatkan Fitur dan Layanan
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank DBS Indonesia meningkatkan fitur dan layanan Digibank, aplikasi perbankan berbasis mobile, sebagai salah satu strategi untuk mengincar 3,5 juta nasabah dalam 4 tahun mendatang.

Leonardo Koesmanto, Executive Director dan Head of Digital Banking DBS Indonesia, mengatakan fitur baru yang diperkenalkan adalah Bayar dan Beli. Dengan fitur ini setiap nasabah bisa membayar tagihan air minum, televisi berbayar, hingga BPJS Kesehatan hanya dengan memencet tombol smartphone.

Selain itu, pembelian untuk pulsa prabayar, tiket bioskop, voucher online game hingga top up uang elektronik bisa dilakukan dalam hitungan detik di smartphone, melalui aplikasi Digibank.


Leonardo mengatakan fitur Bayar dan Beli diluncurkan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi pembayaran dan pembelian kapan saja dan di mana saja.

"Fitur Bayar dan Beli melengkapi berbagai layanan perbankan digital yang bisa dilakukan melalui smartphone lewat Digibank," ujar Leonardo, belum lama ini.


Tidak berhenti disana, Digibank pun selangkah lebih maju dibandingkan dengan aplikasi milik bank lain dengan memperkenalkan fitur algorithmic lending, yakni pengajuan, pencairan, hingga pembayaran cicilan kredit melalui aplikasi Digibank.

Melalui fitur ini nasabah tidak perlu lagi repot datang ke bank untuk mengajukan pinjaman. Dana dari kredit yang disetujui pun langsung masuk ke rekening sehingga bisa dicairkan lewat ATM ataupun ditransfer ke rekening lain melalui Digibank.

Sementara pembayaran cicilan kredit bisa dilakukan langsung melalui aplikasi Digibank. "DBS masih akan terus melengkapi rangkaian produk perbankan untuk dapat tersedia melalui aplikasi perbankan, meliputi produk pinjaman dan juga wealth management," ujar Leonardo.

Sebelumnya Bank DBS juga sudah meluncurkan virtual assistant chatbot dengan teknologi artificial intelligence. Melalui fitur ini nasabah dapat bertanya mengenai layanan dan informasi, transaksi transfer, melihat daftar rekening, melihat histori transaksi hanya dengan melakukan chatting.


Leonardo memaparkan keunggulan dari Digibank adalah kenyamanan nasabah dengan UI/UX (User Interface/User Experience) yang sangat memudahkan.

"Tidak lagi diperlukan SMS OTP (short messages service one time password) untuk verifikasi transaksi karena kami menggunakan teknologi soft token yang memberikan keamanan namun tetap nyaman," jelasnya.

Fitur lain yang telah diluncurkan layanan monitor penggunaan kartu kredit Digibank tanpa menunggu statemen di akhir bulan. "Nasabah dapat juga melakukan rewards redemption, peningkatan limit, pendaftaran tagihan rutin, serta konversi cicilan dengan sangat mudah menggunakan aplikasi," jelasnya.

Semua fitur tersebut akan melengkapi fasilitas yang sudah ada seperti pembukaan deposito hingga bunga 6,75%, transfer gratis ke bank lain, dan penarikan tunai gratis melalui ATM DBS, dan jaringan ATM Prima serta Alto.

Peningkatan fitur ini menjadi bagian dari strategi mengejar target 3,5 juta pengguna Digibank pada 2022. Sejak diluncurkan pada akhir Agustus 2017 hingga November 2018 jumlah pengguna Digibank mencapai 350.000 pengguna.

"Kami positif melihat respon masyarakat dan yakin digibank akan terus bertumbuh. Keseriusan Bank DBS untuk menjadi digital banking yang bukan hanya 'digital lipstick' telah mengantarkan Bank DBS sebagai peraih penghargaan World's Best Digital Bank oleh Euromoney serta World's Best Bank dari Global Finance," ujar Leonardo.

Tertarik dengan Digibank? Cari informasi Digibank di sini! (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading