Perkembangan Teknologi

Simak! Ini Fitur Baru Instagram yang Siap Dirilis

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
30 November 2018 12:28
Simak! Ini Fitur Baru Instagram yang Siap Dirilis
Jakarta, CNBC Indonesia - Instagram, aplikasi berbagi foto dan video dan platform media sosial milik Facebook, mengambil langkah besar untuk membuat aplikasinya lebih mudah diakses bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan.

Perusahaan telah memperkenalkan dua fitur baru, yaitu teks alternatif otomatis dan teks alternatif khusus. Fitur baru ini akan memungkinkan pengguna dengan gangguan visual mendengar deskripsi foto.
 
"Dengan lebih dari 285 juta orang di dunia yang memiliki gangguan penglihatan, kami tahu ada banyak orang yang dapat memperoleh manfaat dari Instagram yang lebih mudah diakses," seperti dikutip dari postingan blog Instagram, melansir gadgetsnow.com.
 
"Fitur teks alteratif otomatis memungkinkan Anda mendengar deskripsi foto di Instagram melalui sistem pembacaan layar (screen reader). Ini berfungsi di bagian News Feed, Jelajah, dan Profil. Perusahaan telah mengungkapkan bahwa fitur ini menggunakan teknologi pengenalan objek untuk menghasilkan deskripsi gambar.
                                                                                                                              
Fitur teks alternatif menambah "lebih banyak deskripsi untuk foto Anda ketika Anda memposting suatu foto." Mereka yang menggunakan sistem pembacaan layar akan bisa mendengar deskripsi dari foto. Pengguna akan perlu untuk mengaktifkan fitur 'Advanced Settings' di bagian bawah layar sebelum mereka mulai memakainya.
 
Instagram telah mengkonfirmasi bahwa ini hanyalah salah satu dari beberapa pilihan aksesibilitas yang sedang dirancang dan beberapa fitur yang serupa akan diluncurkan di masa depan. Untuk saat ini, baik pengguna Instagram di Android maupun iOS bisa menggunakan fitur ini.
 
Hampir seminggu lalu, Instagram sudah mulai menguji coba layout laman profil yang bertujuan untuk "memungkinkan Anda lebih baik dalam mengekspresikan diri dan membuat lebih mudah terhubung dengan orang-orang yang Anda ingin lihat di profil Anda."
 
Simak! Ini Fitur Baru Instragram yang Siap DirilisFoto: infografis/8 pimpinan negara dengan followers terbanyak/Aristya Rahadian krisabella

Beberapa perubahan yang dibuat Instagram termasuk ikon, tombol baru, dan cara orang menavigasi di antara beberapa tab. Meskipun begitu, foto dan video yang Anda bagi tidak akan mengalami banyak perubahan.

Perusahaan bahkan mulai menghapuskan akun-akun yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk secara artifisial menaikkan jumlah penonton mereka. Instagram akan menghapuskan suka, follow, dan komentar tidak asli dari akun-akun palsu dalam beberapa pekan ke depan.


[Gambas:Video CNBC]


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading