Perkembangan Teknologi

AS Perang Dagang Dengan China, Huawei Jadi Korbannya

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
29 November 2018 10:44
AS Perang Dagang Dengan China, Huawei Jadi Korbannya
Jakarta, CNBC Indonesia - Selandia Baru (New Zealand) bergabung dengan Australia sebagai negara di Oseania yang memblokir peralatan jaringan 5G Huawei dengan alasan bisa membahayakan keamanan negara.

Sebelum kedua negara Oceania ini memblokir Huawei, Amerika Serikat (AS) sudah terlebih dahulu mengutarakan kekhawatirannya akan ekspansi perusahaan China pada perusahaan teknologi AS. Kekhawatiran ini pun menjadi salah satu alasan Presiden AS Donald Trump mengobarkan perang dagang dengan China.

Presiden Donald Trump bahkan menggambarkan China sebagai ancaman ekonomi terhadap negaranya dan perusahaan-perusahaan AS. Hal itu ditegaskan dengan strategi bea masuk agresifnya dengan tujuan mencegah negara itu menjadi dominan di sektor teknologi penting.


Huawei pun menjadi korbannya. Pemerintah AS menuduh Huawei merupakan perusahaan teknologi yang berafiliasi dengen pemerintah China dan meningkatkan risiko spionase.

Pada Februari 2018, enam kepala intelijen papan atas AS pada awal bulan ini juga menyampaikan kepada Komite Intelijen Senat bahwa mereka tidak menyarankan warga AS untuk menggunakan produk dan layanan dari Huawei. Informasi ini membuat Huawei semakin sulit masuk ke As. Para operator seluler menolak bekerja sama dengan Huawei.

Richard Yu, CEO Bisnis Konsumen Huawei, menyebut perkembangan yang terjadi di AS saat ini "konyol" dan para pesaing bermain dengan politik, dilansir dari CNBC International.

"Kompetitor kami menggunakan beberapa cara politik [...] untuk menyingkirkan kami dari pasar AS, padahal kami tidak ada masalah apapun. Kami transparan [...] kami perusahaan teknologi tinggi terkemuka yang inovatif," kata Yu pada hari Minggu (25/2/2018). 

"Namun, mereka tidak bisa bersaing dengan kami secara produk, teknologi dan inovasi, jadi mereka bersaing [menggunakan] politik."

[Gambas:Video CNBC]


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading