Startup

Jokowi: Startup Unicorn RI Akan Galang Dana Puluhan Triliun

Fintech - Arys Aditya, CNBC Indonesia
27 November 2018 10:31
Jokowi: Startup Unicorn RI Akan Galang Dana Puluhan Triliun
Jakarta, CNBC Indonesia - Startup bervaluasi di atas US$1 miliar (unicorn) Indonesia punya reputasi yang hebat dalam menggalang dana. Pasalnya, empat startup unicorn telah berhasil mengaet investor kelas kakap.

Namun, aksi pengumpulan dana tersebut ternyata belum selesai. Para startup unicorn ini akan segera kembali disuntik investor. Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo di Kompas CEO Forum, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

"Saya dapat kabar kalau unicorn-unicorn kita akan menggalang dana dalam jumlah puluhan triliun. Tunggu saja sebentar lagi," ujar Joko Widodo.


Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki startup decacorn. Ini  startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar. Meski memiliki valuasi besar, startup ini masih mencatatkan kerugian.

"Decacorn di Indonesia tinggal tunggu waktu. Tinggal tunggu transaksinya," ujar Rudiantara dalam acara Innocreativation 2018 di Surabaya, Kamis (15/11/2018).

Saat ini ada tujuh unicorn di Asia Tenggara. Empat di antaranya startup Indonesia, satu startup Filipina, satu startup Vietnam dan dua startup Singapura. Keempat unicorn Indonesia adalah Tokopedia, Go-Jek, Bukalapak dan Traveloka.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading