Perkembangan Teknologi

Eksklusif Rudiantara: Idealnya Operator Telko RI Cuma 2-3

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 November 2018 17:41
Eksklusif Rudiantara: Idealnya Operator Telko RI Cuma 2-3
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rudiantara mengatakan kondisi industri telekomunikasi di Indonesia belum ideal karena terlalu banyak pemain. Sebab itu, Rudiantara mendorong adanya konsolidasi.

"Idealnya [operator selular] di Indonesia 2-3 operator saja. Ini akan membuat industri ini semakin sehat dan tidak akan ada monopoli atau kartel," ujar Rudiantara ketika berbincang dengan Erwin Surya Brata dalam acara Closing Bell CNBC Indonesia TV.

Rudiantara mengungkapkan pemerintah mendorong terus mendorong untuk dilakukan konsolidasi antara operator seluler. Bahkan Rudiantara sudah sering berbicara dengan pemegang saham asing mengenai konsolidasi tersebut.


"Tetapi bentuknya seperti apa, mau akuisisi, merger atau siapa mencaplok siapa, itu bukan urusan pemerintah, silahkan saja," tambahnya.

Rudiantara menambahkan industri telekomunikasi adalah industri yang bersifat capital intensif, teknologi intensif dan tenaga kerja (labour) intensif. Untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis para perusahaan harus mau mengeluarkan uang dan modal yang besar.

"Tidak bisa perusahan tidak melakukan investasi di bidang tersebut. Saya dorong konsolidasi tersebut," jelasnya.

Saat ini ada lima operator selular di Indonesia. Yakni, Telkomsel, Indosat, XL Axiata, 3 Tri dan Smartfren. Saat ini hanya Telkomsel yang masih mencetak laba. Adapun Indosat, XL dan Smartfren menderita kerugian.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading