Innocreativation 2018

Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Siapa Jadi Decacorn?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 November 2018 11:09
Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Siapa Jadi Decacorn?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki startup decacorn.

Decacorn adalah startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar atau setara Rp 147 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.700). Meski memiliki valuasi besar, startup ini masih mencatatkan kerugian.

"Decacorn di Indonesia tinggal tunggu waktu. Tinggal tunggu transaksinya," ujar Rudiantara dalam acara Innocreativation 2018 di Surabaya, Kamis (15/11/2018).


Saat ini ada tujuh unicorn di Asia Tenggara. Empat di antaranya startup Indonesia, satu startup Filipina, satu startup Vietnam dan dua startup Singapura.

Pertama, startup taksi online, Go-Jek. Menurut Cruchbase, Go-Jek telah tujuh kali melakukan pengumpulan dana dan berhasil mengumpulkan dana sebesar US$3,3 miliar.

Hingga 30 Oktober 2018 Go-Jek memiliki valuasi US$7,8 miliar. Valuasi ini bisa bertambah sebab Go-Jek masih menggalang dana dari investor untuk ekspansi ke Asia Tenggara.

Go-Jek Hingga Tokopedia, Siapa yang Akan Berstatus DecacornFoto: Aristya Rahadian Krisabella

Kedua, startup toko online (e-commerce) Tokopedia. Menurut Crunchbase, Tokopedia sudah delapan kali melakukan penggalangan dana dari investor dan berhasil mengumpulkan US$1,3 miliar.

Saat ini diperkirakan valuasi Tokopedia mencapai US$3,5 miliar. Salah satu investor Tokopedia adalah Alibaba.

Ketiga, startup toko online (e-commerce) Bukalapak. Menurut Crunchbase, Bukapalak telah lima kali melakukan pengggalangan dana namun tidak diketahui berapa dana yang berhasil dikumpulkan.

Manajemen mengakui saat ini valuasi Bukalapak sudah di atas US$1 miliar. Investor utama Bukalapak adalah Emtek Group.

Keempat, startup pemesanan tiket online, Traveloka. Menurut Crunchbase, Traveloka telah empat kali melakukan penggalangan dana sebesar US$ 500 juta.

Salah satu investor Traveloka adalah raksasa e-commerce China JD.com. Saat ini valuasi perusahaan mencapai US$1 miliar.


(roy/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading