Wow, Bayar Tiket Pertandingan Euro 2020 Bisa Pakai Alipay

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
09 November 2018 17:03
Wow, Bayar Tiket Pertandingan Euro 2020 Bisa Pakai Alipay Ilustrasi Alipay (Foto: REUTERS/Ali Song)
Jakarta, CNBC Indonesia - Alipay, aplikasi pembayaran yang dioperasikan oleh perusahaan afiliasi Alibaba, Ant Financial, telah menjalin kemitraan dengan asosiasi sepakbola Eropa UEFA, menurut pengumuman kedua institusi itu, Jumat (9/11/2018).

Kesepakatan yang akan berlangsung selama delapan tahun itu akan membuat pembayaran menggunakan Alipay diterima di tempat-tempat di mana pertandingan tim nasional pria UEFA berlangsung, termasuk kejuaraan Euro 2020 dan Euro 2024.



Alipay adalah salah satu layanan pembayaran seluler terbesar di China. Pengguna menautkan akun bank mereka ke layanan dan kemudian dapat masuk ke toko, menampilkan kode QR di aplikasi, dan memindainya untuk menyelesaikan pembayaran. Layanan ini memiliki lebih dari 700 juta pengguna aktif.


Namun, melansir CNBC International, saat ini layanan itu hanya tersedia untuk pemegang rekening bank China. Jadi, kesepakatan ini akan difokuskan pada wisatawan China yang akan menonton turnamen sepak bola UEFA.

Namun, juru bicara Ant Financial mengatakan kepada CNBC bahwa beberapa dompet mitra perusahaan dapat terlibat dalam kesepakatan ini.

Wow, Bayar Tiket Pertandingan Euro 2020 Bisa Pakai AlipayFoto: REUTERS/Ali Song
Ant Financial telah berinvestasi dalam aplikasi pembayaran di seluruh Asia, termasuk Paytm di India dan Kakao Pay di Korea Selatan. Perusahaan ini memiliki beberapa mitra dompet di seluruh Asia Tenggara.

Mereka akhirnya akan terlibat dalam kesepakatan UEFA dan memungkinkan pengguna dari negara-negara tersebut untuk menggunakan layanan tersebut untuk melakukan pembayaran. Tidak ada waktu yang ditetapkan kapan para dompet mitra dapat menjadi bagian dari kesepakatan UEFA.

Ant Financial tidak memberikan rincian spesifik tentang produk yang akan dimasukkan sebagai bagian dari kesepakatan, tetapi mengatakan tujuan kemitraan adalah untuk "membawa inovasi digital untuk penggemar sepak bola, meningkatkan pengalaman berkunjung mereka, dan memberikan pembayaran tanpa batas dan menyediakan layanan lainnya kepada penggemar di Eropa dan di seluruh dunia."



Untuk UEFA, kesepakatan itu dapat membantu memasarkan turnamen sepak bola Euro ke pasar China dan Asia yang lebih luas dan memudahkan orang di kawasan itu untuk membeli tiket, misalnya. Untuk Alipay, kesepakatan ini bisa membantu memperluas kesadaran dan penggunaan merek di luar negeri.

Rincian nilai kesepakatan itu tidak diungkapkan.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading