Perkembangan Teknologi

Bukan China, Netflix Incar India Sebagai Pasar Terbesarnya

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
08 November 2018 18:37
Bukan China, Netflix Incar India Sebagai Pasar Terbesarnya
Jakarta, CNBC Indonesia - Netflix punya rencana besar untuk memperluas jangkauannya di seluruh Asia, dan ternyata negara dengan sedang disasar adalah India, bukan China.

Populasi usia muda Asia memang cukup tinggi, apalagi kaum usia produktif ini semakin peka terhadap digital sehingga memperlihatkan "kesempatan luar biasa" untuk meningkatkan pelanggan internasional perusahaan, kata Ted Sarandos, Chief Content Officer Netflix, dilansir dari CNBC International pada Kamis.

Pelanggan di Asia telah melampaui 58 juta, lebih tinggi jika dibandingkan dengan pelanggan di Amerika Serikat (AS). Secara keseluruhan, perusahaan memiliki 137 juta pelanggan di seluruh dunia.


"Kami berada di titik awal, hari-hari awal di Asia," kata Sarandos. Namun dia mengatakan perusahaan memiliki "inisiatif sangat spesifik" di masing-masing wilayah di kawasan Asia.

Selama beberapa tahun ke depan, Netflix berharap dapat meningkatkan penikmat streaming video dan menambahkan 100 juta pelanggan di India saja.

"Jika Anda berpikir tentang peluang, ada sekitar 450 juta pengguna internet di India dan sekitar setengah dari mereka menonton video di YouTube dan layanan seperti itu. Ini menjadikannya pasar yang sangat menarik dan dapat disasar," kata Sarandos, diterjemahkan oleh CNBC Internasional, Kamis (8/11/2018).

Dengan menargetkan India, Netflix akan menjadi penantang dari perusahaan raksasa digital lainnya seperti Amazon dan Hotstar, yang keduanya sukses di negara ini dengan model streaming media sederhana.

Untuk mengelola itu, Sarandos mengatakan perusahaan sedang menguji berbagai model penetapan harga untuk memposisikan dirinya dalam pesaing, baik di India maupun di tempat lain. Namun dia juga mengatakan fokusnya adalah penambahan konten asli dan diproduksi secara lokal yang sesuai dengan audiens baik di dalam negeri maupun internasional.

Netflix berencana untuk memproduksi 100 proyek asli di wilayah ini dalam beberapa tahun mendatang.

"Bagian yang menarik tentang itu adalah kami dapat datang dan memproduksi secara lokal, menggunakan pencerita lokal, dan menceritakan kisah-kisah itu dalam skala besar karena kami dapat menemukan pengguna global," katanya.

"Secara umum, Saya akan mengatakan operasi Netflix di China masih agak jauh," kata Sarandos.

Netflix telah mencetak beberapa keberhasilan di China melalui perjanjian lisensi dengan iQiyi, anak perusahaan streaming video dari perusahaan internet China Baidu, tetapi perusahaan belum meluncurkan operasi independen di sana.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading