Perkembangan Teknologi

Usai Disuntik Hyundai Valuasi Grab Rp 251 T, Go-Jek Berapa?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
07 November 2018 11:45
Usai Disuntik Hyundai Valuasi Grab Rp 251 T, Go-Jek Berapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Hyundai Motors Company dan Kia Motors jadi investor yang menyuntikkan dana ke Grab. Kedua produsen otomotif asal Korea Selatan ini menyuntikkan dana sebesar US$250 juta atau setara Rp 3,7 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.800).

Ini merupakan bagian dari pendanaan seri H dari Grab yang sedang berlangsung. Hyundai pertama kali masuk Grab pada awal tahun ini dengan menyuntikkan dana sebesar US$25 juta dan memiliki 0,45% saham Grab.

Dalam pendanaan Seri H ini Grab menargetkan bisa menggalang dana sebesar US$3 miliar pada akhir tahun. Saat ini dana segar yang sudah berhasil dikumpulkan taksi online ini mencapai US$2,7 miliar.


Dalam pendanaan seri H ini, Hyundai bergabung dengan investor eksisting yang sudah menyuntik taksi online yang berkantor pusat di Singapura ini. Grab pertama kali mengumumkan investasi US$1 miliar dari Toyota pada bulan Juni dan kemudian menggandakannya menjadi US$ 2 miliar.

Investor lain yang bergabung dalam penggalangan dana ini adalah OppenheimerFunds, Ping An Capital, Dana Pertumbuhan Asia-Asia-Asset-Naver, Lightspeed Venture Partners dan Macquarie Capital.

Mengutip TechChurh, hari ini (7/11/2018) Grab juga mengumumkan suntikan daa baru dari Goldman Sachs Investment Partners dan Citi Ventures.

Suntikan dana tersebut telah membuat valuasi Grab bertambah sebesar US$6 miliar. Sebelum pendanaan seri H ini valuasi Grab di atas US$11 miliar. Artinya, saat ini valuasi Grab di atas US$17 miliar atau setara Rp 251,6 triliun.

Lalu bagaimana dengan valuasi Go-Jek?

Mengutip Crunchbase, valuasi Go-Jek hingga September 2018 mencapai US$7,8 miliar atau setara Rp 115,4 triliun. Namun, valuasi ini bisa meningkat lagi karena Go-Jek sedang membuka putaran pendanaan baru.

Pada akhir Oktober lalu, Go-Jek mendapat suntikan dana sebesar US$1,2 miliar yang berasal dari Tencent Holdings, JD.com dan Google.

[Gambas:Video CNBC] (roy/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading