Emak-emak Kini Belajar Coding demi Bangun Startup!

Fintech - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
04 November 2018 15:51
Emak-emak Kini Belajar Coding demi Bangun Startup!
Jakarta, CNBC Indonesia - Coding tampaknya biasa diminati kaum pria. Namun, ternyata banyak ibu rumah tangga di Indonesia yang kini biasa disapa emak-emak juga ikut tertarik belajar coding.

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) menggelar program Coding Mum yang ditujukan buat para ibu rumah tangga agar bisa mengerti komputer. Coding Mum sudah diselenggarakan sejak 2016 dan ratusan emak-emak Indonesia mengikutinya.

Sejak 2016, program Coding Mum telah dilaksanakan di enam kota seperti Jakarta, Bogor, Surabaya, Bandung, Malang, Makassar, Medan, Yogyakarta, Denpasar, Banda Aceh, dan Belitung. Tak hanya dalam negeri, emak-emak yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Singapura, Hong Kong, dan Malaysia juga mengikutinya.


"Ibu rumah tangga di Indonesia banyak yang memutuskan unuk berbisnis dari rumah, termasuk buruh migran kita. Jadi kita gelar Coding Mum mulai dari 2016, kita kembangkan terus, 2016 yang ikut ibu-ibu, 2017 buruh migran, 2018 difabel," ujar Poppy Savitri selaku Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif dari Bekraf saat ditemui CNBC Indonesia di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.


Poppy mengatakan, dengan belajar coding maka mereka bisa membuat website hingga membentuk perusahaan startup sendiri. Dengan begitu, mereka bisa menjadi bos untuk perusahaan yang dibentuknya nanti.

Poppy pun bercerita, banyak ibu rumah tangga yang dulunya tak punya pekerjaan kini sudah sukses setelah bisa membangun perusahaan sendiri. Bahkan mereka juga bisa mendapatkan berbagai proyek membuatkan website untuk kerabat-kerabatnya.


"Banyak banget website yang sudah dibuat dari Coding Mum. Ada juga buruh migran kita itu membuat website untuk keluarga mereka yang punya bisnis. Ada pula satu buruh migran kita yang dia menangis saat presentase di depan karena dulunya nggak pernah pegang laptop sekarang bisa bikin website sendiri," paparnya.

Ke depannya, Poppy berharap akan semakin banyak ibu-ibu yang sadar untuk belajar coding. Jika seorang ibu bisa menguasai coding maka akan menghasilkan satu generasi yang andal di bidang tersebut.

"Mengajarkan seorang ibu itu sama saja mengajarkan satu generasi karena mereka akan melahirkan anak di era digital," tambah Poppy.

[Gambas:Video CNBC] (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading