Bos Northstar Beri Tips Agar Startup Raih Suntikan Dana Segar

Fintech - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
28 October 2018 17:40
Bos Northstar Beri Tips Agar Startup Raih Suntikan Dana Segar
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak milenial yang ingin membangun perusahaan sendiri. Beberapa dari mereka bahkan mencoba membuat startup. Meski demikian, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara mengatakan dari kurang dari 5% startup yang bisa sukses.

Mengapa hal ini terjadi? Salah satu kendalanya adalah kurangnya modal dan tak memiliki investor.



Berbicara soal investasi, bos perusahaan pengelola dana Northstar Group, Patrick Walujo, mengatakan bahwa ada beberapa kriteria startup yang harus dipenuhi jika ingin berhasil mendapatkan pendanaan dari investor.


1. Ide
Patrick mengatakan ide menjadi poin penting bagi investor sebelum mengalokasikan dana mereka ke sebuah startup.

"Ide bisnisnya menarik enggak, bagaimana market-nya besar atau enggak? Karena kita harus hati-hati setiap investasi berisiko tinggi. Kayak saya investasi Go-Jek kalau ditanya risikonya rendah atau tinggi ya tinggi sampai sekarang," ujar Patrick saat diwawancarai CNBC Indonesia di Milenial Fest, XXI Ballroom Djakarta Theater, Minggu (28/10/2018).

2. Model Bisnis
Model bisnisnya harus jelas. Seorang investor tak akan memberikan suntikan dana jika model bisnisnya kurang detail sejak awal. Model bisnis juga menjadi perhatian yang krusial bagi seorang investor.

3. Passionate
Pria 35 tahun itu menuturkan kalau ia juga melihat seberapa passionate sang pendiri startup.

"Harus passionate. Dia menjiwai dan menguasai enggak sama usahanya. Jadi, ya enggak gampang untuk mendirikan startup. Kadang bisa frustrasi kalau dia enggak passionate," tambahnya.

4. Melihat Timnya
Tidak hanya itu, Patrick bahkan melihat bagaimana tim dari startup itu sendiri. Mampukah manajemen perusahaan menjalankan semua rencana bisnisnya? Untuk menggapai sukses, seseorang perlu bekerja sama dengan tim. Maka dari itu, ia juga melihat dari segi manajemen startup yang dibangun.




(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading