Perkembangan Teknologi

Tantang Uber, Tesla Akan Masuk Bisnis Taksi Online

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
25 October 2018 13:13
Tantang Uber, Tesla Akan Masuk Bisnis Taksi Online
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada laporan kinerja kuartal III-2018, CEO Tesla Elon Musk mengatakan perusahaan "jelas" berencana untuk masuk ke pasar berbagi tumpangan (ride-hailing) di era mobil self-driving (tanpa sopir).

"Tesla akan mengoperasikan layanan berbagi tumpangan-nya sendiri dan bersaing langsung dengan Uber dan Lyft, jelas." Kata Elon Musk, seperti dikutip dari CNBC International, Rabu (24/10/2018).

Platform berbagi tumpangan Tesla yang saat ini belum beroperasi, akan memperbolehkan pelanggan untuk "menawarkan mobil mereka, menambah atau mengurangi armada sesuai keinginan," kata Elon Musk.


Tesla berencana untuk menjalankan armada kendaraan otonom milik perusahaan untuk mengambil penumpang di mana pun atau kapan pun. Bahkan jumlah mobil pelanggan tidak akan cukup untuk disewa, katanya saat membandingkan layanan ini dengan bisnis penginapan peer-to-peer dari Airbnb.

Tesla dan sisa industri otomotif lainnya sedang berlomba untuk mengembangkan kemampuan mengemudi otomatis (self-driving) yang sebenarnya untuk kendaraan. Tesla sudah selangkah lebih maju dengan fitur Autopilot yang ada di pasar saat ini.

Autopilot saat ini adalah sistem "bantuan mengemudi" yang dapat menangani beberapa tugas mengemudi tetapi masih membutuhkan pengemudi untuk selalu menjaga kemudi setiap saat. Pada kuartal kedua 2018, Tesla mengumumkan mereka mengembangkan chip sendiri untuk meningkatkan kemampuan komputer yang memungkinkan fitur Autopilot di kendaraannya.

Tesla menjual opsi "full self-driving" kepada pelanggan yang bersedia membayar tunai saat ini dan menunggu sampai fitur itu diluncurkan. Tetapi pilihannya  adalah "off-menu" atau di pesan secara khusus dan tidak terdaftar di situs web Tesla.

Sementara teknologi self-driving butuh banyak pengembangan, fitur terbaru Autopilot Navigate Tesla akan memungkinkan pengemudi untuk secara otomatis mengubah jalur, menangani rintangan di jalan dan keluar jalan raya di sepanjang rute yang direncanakan, menurut VP Tesla dari Teknik Stuart Bowers yang berbicara di laporan pendapatan kuartal ketiga bersama Musk.

Baik Uber dan Lyft diprediksi akan go public (IPO) pada tahun depan.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading