Perkembangan Teknologi

Ekspansi ke RI, WeChat dan Alipay Pakai Infrastruktur BNI

Fintech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 October 2018 11:19
Ekspansi ke RI, WeChat dan Alipay Pakai Infrastruktur BNI
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Negara Indonedia Tbk (BBNI) tak memungkiri tengah menjalin kerjasama eksklusif dengan dua raksasa dompet digital, WeChat dan Alipay yang menguasai hampir 80% pasar di China.

Direktur Teknologi BNI Dadang Setiabudi mengungkapkan dalam kerja sama ini perseroan akan menjadi acquiring dan official settlement untuk transaksi inbound nasabah WeChat dan Alipay yang bertransaksi di Indonesia.

"Bentuk kerja samanya adalah BNI menjadi acquiring dan official settlement bank untuk transaksi inbound nasabah WeChat dan Alipay dari China untuk transaksi di merchant BNI," kata Dadang kepada CNBC Indonesia, Rabu (24/10/2018).


Dadang menjelaskan, proses kerja sama antara kedua belah pihak saat ini dalam proses finalisasi, dan ditargetkan bisa rampung dalam waktu dekat. Meski demikian, perusahaan belum merilis kapan pastinya proses kerjasama itu selesai.

Bank Indonesia (BI) memang mendapati Wechat dan Alipay banyak digunakan turis asal China dalam bertransaksi di Bali. BI kemudian menegur merchant yang menyediakan alat pembayaran dengan kedua dompet digital tersebut.

Wechat merupakan dompet digital milik Tencent Holdings, sementara Alipay sendiri milik Alibaba. Kedua dompet digital raksasa itu telah menguasai lebih dari 80% transaksi ritel di China.

BI memang tidak mempermasalahkan kedua platform tersebut berekspansi ke Indonesia. Namun, kedua dompet digital tersebut harus bekerjasama dengan perbankan nasional agar bisa beroperasi di wilayah NKRI.

"Jadi harus bekerja sama dengan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang dalam ini adalah bank BUKU IV," ungkap Deputi Gubernur BI Sugeng.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading