Perkembangan Teknologi

Kuasai Pasar Eropa, Alibaba Ekspansi Bisnis Cloud di Inggris

Fintech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
22 October 2018 - 18:41
Kuasai Pasar Eropa, Alibaba Ekspansi Bisnis Cloud di Inggris
Jakarta,CNBC Indonesia - Raksasa teknologi asal China, Alibaba Holding Ltd melebarkan sayap bisnis cloud computing ke Inggris dengan membuka data center pertama di Inggris.

Ekspansi ini "didorong oleh permintaan pelanggan yang berkembang pesat," ujar juru bicara perusahaan seperti dikutip dari The Star, Senin (22/10/2018). "Inggris raya adalah salah satu pasar Eropa yang tumbuh paling cepat untuk Alibaba Cloud."

Perusahaan cloud computing Alibaba telah membuka pusat data di seluruh Eropa, termasuk di Inggris, terlepas dari ketidakpastian hubungan Inggris di masa depan dengan Uni Eropa. Sebagian didorong oleh tuntutan pemerintah.


Otoritas nasional Inggris semakin aktif memindahkan fungsi-fungsi komputasi ke dalam cloud, tetapi untuk tujuan pengaturan dan keamanan yang sering diperlukan untuk menyimpan data, dalam batas-batas nasional mereka.

Dimulai pada tahun 2009, Alibaba Cloud telah berkembang keluar China dan jadi penantang langsung dari Amazon Web Services, divisi e-commerce yang mendominasi cloud computing.

Alibaba Cloud saat ini adalah penyedia infrastruktur cloud dan layanan terkait terbesar keempat di dunia, di atasnya Amazon.com Inc, Microsoft Corp dan Alphabet Inc Google, menurut laporan bulan Juni oleh Synergy Research Group.

Hangzhou, perusahaan yang berbasis di China menempatkan pusat data Eropa pertamanya di Frankfurt, dalam kemitraan dengan Vodafone Group Plc pada tahun 2016, memungkinkan operator seluler untuk menjual kembali layanan Alibaba Cloud seperti penyimpanan data dan analitik.


Pada bulan Juli bahwa perusahaan China telah melakukan pembicaraan dengan BT Group Plc tentang kemitraan layanan cloud dalam sebuah langkah untuk menantang kehadiran Amazon di Eropa. Seorang juru bicara Alibaba Cloud menolak berkomentar tentang mitranya untuk peluncuran di Inggris. 

"Sejalan dengan strategi pusat data Jerman kami, kami selalu mencari mitra terbaik di pasar untuk penyebaran kunci dan ini tidak berbeda," katanya.

[Gambas:Video CNBC]


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading