Perkembangan Teknologi

Data Dicuri, Facebook Akuisisi Perusahaan Cybersecurity?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 October 2018 14:25
Data Dicuri, Facebook Akuisisi Perusahaan Cybersecurity?
Jakarta, CNBC Indonesia - Facebook Inc sedang dilandai badai besar. Setelah kasus penyalahgunaan data pengguna oleh Cambridge Analytica, Facebook juga hadapi kasus peretasan yang membuat data 29 juta pengguna berpotensi dicuri hacker.

Mengatasi masalah ini Facebook mempercepat rencananya untuk mengakuisisi perusahaan keamanan siber (cybersecurity). Facebook sudah menawar sejumlah perusahaan keamanan siber untuk diakuisisi.

Sumber The Information mengatakan tim Mark Zuckerberg akan membeli software yang dapat langsung tersinkronisasi dengan layanan yang sudah ada yang memberikan informasi akan adanya pencurian dan atau pengamanan akun individu, seperti dikutip dari Engadget, Senin (22/10/2018).


Belum jelas seperti apa bentuk kesepakatan ini nantinya, namun Facebook menargetkan akuisisi ini akan rampung pada akhir 2018. Facebook menolak untuk berkomentar.

Asal tahu saja, Facebook mengumumkan adanya masalah keamanan pada akhir September lalu. Facebook mengindentifikasi masalah ini pada fitur "View As". Facebook menyadari adanya masalah ini setelah melihat lonjakan aktivitas pengguna pada 16 September 2018.

Akibat masalah keamanan ini Facebook berpotensi terkena denda sebesar 4% dari pendapatan global sesuai dengan aturan Undang-Undang Perlindungan Data Umum (GDPR) di Eropa.

Pada 2017, pendapatan Facebook mencapai US$40,65 miliar, denda yang dikenakan bisa mencapai US$1,63 miliar atau setara Rp 24.776 triliun (asumsi US$1 = Rp 15.200).

Facebook juga telah mempekerjakan mantan Wakil Perdana Menteri Inggris Nick Clegg sebagai Wakil Direktur Hubungan Global dan Komunikasi, kata juru bicara perusahaan kepada CNBC International.

Clegg menggantikan Elliot Schrage, yang mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Juni setelah bekerja selama 10 tahun di perusahaan itu.

Clegg, yang nantinya akan berada di bawah COO Facebook Sheryl Sandberg, akan mulai bekerja pada hari Senin (22/10/2018). Dia akan bekerja dari London selama beberapa bulan pertama dan akan pindah ke California bersama keluarganya di awal tahun depan.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading