Perkembangan Teknologi

Melinda Gates: Inovasi Bikin Manusia Hidup Lebih Lama

Fintech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
11 October 2018 17:12
Melinda Gates: Inovasi Bikin Manusia Hidup Lebih Lama
Nusa Dua, CNBC Indonesia - Salah satu pendiri yayasan filantropi Bill and Melinda Gates Foundation, Melinda Gates, mengungkap rahasia agar manusia memiliki harapan hidup yang panjang.

"Bill dan saya selalu meyakini pentingnya inovasi karena latar belakang kami. Inovasilah yang membuat dunia ini berputar," ujarnya. Melinda adalah istri dari Bill Gates, miliuner dan pendiri raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), Microsoft.

"Inovasi dan kesehatan yang memungkinkan manusia hidup lebih lama," ungkap Gates dalam diskusi panel bertajuk Policies for Harnessing Technology for Growth yang diadakan di sela-sela rangkaian Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia (WB) Annual Meetings di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018).


Turut hadir dan berbicara dalam diskusi tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, CEO Grup Bank Dunia Kristalina Georgieva, dan CEO EcoNet Strive Masiyiwa.

Ia juga menyampaikan pentingnya peran perempuan dalam meningkatkan harapan hidup anak dan mengentaskan kemiskinan yang ia dapatkan dari berbagai pengalamannya dalam mengelola program yayasannya selama sekitar 20 tahun.

Bila perempuan memiliki akses ke rekeningnya sendiri dan bukan melalui rekening suaminya, ia akan mampu mengubah kondisi keluarganya, kata Gates. Hal ini karena seorang ibulah yang mengurus keluarga, membayar uang sekolah anak-anaknya, dan mengetahui kebutuhan kesehatan keluarganya.

"Kami selalu melihat data di mana program-program terbesar dunia saat ini yang mampu mengentaskan kemiskinan biasanya melibatkan pembayaran bantuan pemerintah ke dompet digital perempuan. Hal itu mampu mengubah kondisi pendidikan dan kesehatan perempuan," tambahnya.


"Kami yakin digitalisasi dan inovasi akan memperbaiki kehidupan."



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading