e-Commerce

Konkret! RI Akan Jual Produk Konsumsi Lewat Alibaba

Fintech - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
09 October 2018 16:34
Konkret! RI Akan Jual Produk Konsumsi Lewat Alibaba
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kabarnya akan bertemu dengan Jack Ma, pendiri raksasa teknologi China Alibaba, di sela-sela pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dan Bank Dunia (World Bank/WB).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya akan membicarakan peningkatan ekspor melalui platform e-commerce Alibaba.
 
Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengatakan pihak Alibaba sudah menyatakan komitmennya untuk memasarkan produk Indonesia di platform mereka.
 
"Alibaba itu platform pemasaran, mereka sudah mendunia sehingga kita bisa taruh produk-produk terbaik di sana. [Kita mau ekspor] barang-barang konsumen seperti makanan," kata Triawan selepas pembukaan Paviliun Indonesia di Nusa Dua, Bali, hari Selasa (9/10/2018).
 
Sebelumnya di hari Senin (8/10/2018), Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga menyampaikan bahwa dirinya akan bertemu dengan Jack Ma di sela-sela berlangsungnya salah satu pertemuan ekonomi terbesar di dunia ini.
 
Dalam pertemuan yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 13 Oktober, Rudiantara berkata akan membahas peningkatan ekspor ke pasar China dengan memanfaatkan platform Alibaba.
 
Dia menjelaskan pengenalan produk Indonesia bisa dilakukan pada saat Singles Day, sebuah acara yang serupa dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di Indonesia. Pasalnya pada hari tersebut saja, penjualan di platform Alibaba bisa mencapai US$25 miliar (Rp 381,7 triliun) sehingga bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk menjual produknya.

Konkret! RI Akan Jual Produk Konsumsi Lewat AlibabaFoto:Nasihat dari Jack Ma, pendiri Alibaba (Arie Pratama)



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading