Perkembangan Teknologi

Khawatir Pencurian Data & Hoax? Ini Cara Hapus Akun Facebook

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 October 2018 15:14
Khawatir Pencurian Data & Hoax? Ini Cara Hapus Akun Facebook
Jakarta, CNBC IndonesiaFacebook menjadi media sosial yang paling populer di muka bumi ini. Media sosial milik Mark Zuckerberg ini menjadi media untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan teman-teman.

Namun Facebook kini mengundang kekhawatiran pengguna. Merebaknya informasi hoax dan skandal Cambridge Analytica menjadi pemantiknya. Penyebaran informasi hoax telah memicu kekerasan Rohingya di Myanmar. Dalam skandal Cambridge Analytica ada lebih dari 87 juta data pengguna yang dicuri untuk aktivitas politik Donald Trump.

Terbaru adalah masalah kasus keamanan melalui fitur "View As". Facebook menemukan ada kelemahan mengenai fitur ini dan berpotensi mengambilalih 50 juta akun.


Kondisi ini tentu membuat jengah sebagian pengguna. Bahkan karena masalah keamanan ini, mantan pendiri Whatsapp Brian Acton telah mengkampanyekan #deletefacebook melalui akun twitternya.


Jika Anda berencana melakukannya, berikut cara menghapus akun facebook yang dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber.

The Verge mengungkapkan sebelum menghapus akun facebook, ada baiknya mengamankan arsip facebook. Arsip facebook berisi hampir semua informasi terkait dengan akun Anda, termasuk foto, riwayat obrolan, alamat IP, data pengenalan wajah, dan iklan mana saja yang Anda klik.

Untuk mengamankan arsip, Anda pergi ke "pengaturan" (setting) dan klik "unduh salinan data facebook Anda" (download a copy of your facebook data) di bagian bawah pengaturan akun pengaturan (general account settings) setelahnya klik "mulai arsip saya" (start my archive).

Setelah mengunduh arsip, Anda sekarang bisa menghapus akun Facebook. Harap diingat: setelah anda menghapus, akun Facebook tidak dapat dipulihkan setelah beberapa hari.

Dalam blog resminya, Facebook mengatakan untuk penghapusan, Anda pergi ke setting (pengaturan), setelahnya klik my facebook information (informasi facebook). Setelahnya klik delete my account and information (hapus akun dan informasi) lalu klik delete my account (hapus akun saya).

Facebook menjelaskan akun yang sudah dihapus lebih dari 14 hari tidak bisa dipulihkan dan sudah terhapus secara permanen. Proses penghapusan semua postingan mungkin memakan waktu hingga 90 hari sejak dimulainya proses penghapusan.

Khawatir Pencurian Data & Hoax, Ini Cara Hapus Akun FacebookFoto:Eksekutif facebook menjual saham facebook (CNBC International).



(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading