Perkembangan Teknologi

Ingin Punya Apple iPhone Baru Tiap Tahun? Begini Caranya

Fintech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
16 September 2018 11:14
Ingin Punya Apple iPhone Baru Tiap Tahun? Begini Caranya
Jakarta, CNBC Indonesia - Jika Anda ingin memilikiĀ Apple iPhone seri terbaru dan terbaik tiap tahun, sarannya hanya satu: upgrade.

Dilansir dari CNBC International hari Minggu (16/9/2018), Apple memiliki tawaran yang sangat menarik bernama iPhone Upgrade Program yang dapat membuat Anda bisa memiliki smartphone terbaru ini setiap tahun. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Apple iPhone XS MaxFoto: CNBC International
Apple iPhone XS Max

Cara kerjanya

iPhone Upgrade Program bekerja layaknya pembiayaan mobil. Anda tidak benar-benar memiliki gadget Anda. Alih-alih, Anda membayar biaya pembelian iPhone itu selama 24 bulan.


Cicilan iPhone XR dengan kapasitas penyimpanan 64 GB adalah sekitar US$37,41 (Rp 553.967) per bulan, belum termasuk tagihan penggunaan data maupun pulsa dari penyedia layanan seluler. Sementara itu, cicilan untuk iPhone XS Max berkapasitas 521 GB adalah US$64,5.


Cara ini membuat harga penuh smartphone yang sebenarnya mencapai US$750 hingga US$1.499 ini jadi terasa lebih ringan di kantong. Selain itu, cara ini adalah metode langganan yang umum dilakukan.


Yang Anda dapatkan

Hal baiknya adalah Anda bisa mendapatkan iPhone baru setiap tahun. Jika Anda mengikuti program ini di bulan September, Anda bisa memiliki smartphone baru ini setiap tahun ketika diluncurkan.

Sebagai contoh, pengguna yang mendaftarkan diri menggunakan program ini untuk memiliki iPhone 8 Plus tahun lalu akan bisa membuka situs Apple dan mengecek apakah ia memenuhi syarat untuk mendapatkan upgrade. Bila ya, ia dapat segera memilih ponsel barunya.

Apple iPhone XS dan Xs MaxFoto: Apple iPhone XS and XS Max (REUTERS/Stephen Lamz)
Apple iPhone XS dan Xs Max
Apple akan mengirimi pengguna ponsel tersebut dan pembayaran cicilan akan cicilannya akan dilanjutkan dengan menggunakan harga iPhone XS Max. Namun, karena iPhone XS Max lebih mahal daripada iPhone 8 Plus, pembayaran pengguna akan bertambah sekitar US$20 per bulan.

iPhone Upgrade Program juga termasuk AppleCare+, sebuah layanan asuransi dari raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu. Dengan asuransi itu, pengguna hanya cukup membayar US$29 untuk penggantian layar yang rusak atau US$99 untuk penggantian ponsel seluruhnya bila terjadi kecelakaan yang merusak iPhone. Biaya asuransi itu sendiri sekitar US$9,99 per bulan untukĀ iPhone XS atau iPhone XS Max.

Provider layanan seluler juga menyediakan layanan pembiayaan sejenis namun tidak termasuk AppleCare+. Mereka juga menjual iPhone dengan model yang SIM card-nya tidak dapat diganti.

Jika Anda membeli menggunakan program upgrade Apple, Anda akan dapat mengganti provider seluler dengan mudah saat bepergian ke negara lain.


Namun, perhatikan hal ini

Anda tidak akan pernah memiliki iPhone itu. Anda menyewanya dan jika terus menggunakan program upgrade setiap 12 bulan, Anda tidak akan pernah membayar seluruh harga iPhone tersebut. Artinya, Anda baru akan bisa melunasinya setelah dua tahun.

Apple iPhone XRFoto: Apple iPhone XR (REUTERS/Stephen Lam)
Apple iPhone XR
9to5Mac telah menghitung biaya program upgrade ini. Hasilnya, Anda bisa saja mendapatkan harga yang lebih murah bila membeli dengan tunai dan menjualnya kembali untuk mendapatkan seri terbaru tahun berikutnya.

Jika Anda dapat menjual iPhone senilai US$999 di harga US$700, misalnya, Anda bisa memiliki ponsel seri terbaru dengan depresiasi hanya US$300 setahun. Bila menggunakan iPhone Upgrade Program untuk iPhone seharga US$999, Anda perlu membayar hingga US$600 sepanjang tahun.



Namun, penggunaan program upgrade dari Apple akan membuat Anda lebih mudah menjual iPhone lama Anda dibandingkan dengan menjualnya sendiri. Oleh karena itu, banyak pengguna yang memilih memanfaatkan program tersebut.

Selain itu, program ini baru tersedia di Amerika Serikat, Inggris, dan China sehingga Anda yang tinggal di Indonesia mungkin perlu sedikit lebih bersabar. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading