Ada iPhone Baru, Operator Telko RI Siapkan Program Bundling?

Fintech - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
13 September 2018 18:18
Ada iPhone Baru, Operator Telko RI Siapkan Program Bundling?
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan teknologi ternama asal Amerika Serikat (AS) yakni Apple Inc kembali merilis tiga jenis produk iPhone terbarunya yakni XR, Xs dan Xs Max.

Lantas, benarkah operator telekomunikasi di Indonesia akan menerapkan program paket berlangganan bersama Apple (bundling) untuk menambah penetrasi pasar pengguna layanannya di tanah air?

PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) mengatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan program bundling pada produk-produk tersebut.


Sebelumnya, perseroan juga pernah menerapkan program serupa pada produk-produk Apple terdahulu dengan harga penjualan paket yang sangat murah dibandingkan harga satuan unit normal iPhone.

Direktur Utama FREN Merza Fachys saat ini pihaknya belum bisa mengumumkan rencana tersebut, mengingat regulasi yang telah ditetapkan oleh Apple.

"Iya ada, namun mohon maaf sekali sesuai dengan aturan di Apple, kami belum saatnya mengumumkan hal tersebut. Nanti akan tiba waktunya, jadi tunggu tanggal-nya saja," ujar Merza kepada CNBC Indonesia, Kamis (13/9/18).

Sementara itu, PT XL Axiata Tbk (EXCL) hingga saat ini belum berencana untuk meluncurkan produk serupa. Manajemen perseroan saat ini sedang melakukan diskusi internal untuk memutuskan rencana bundling yang ingin dilakukan selayaknya FREN.

"Terkait bundling produk baru iPhone saat ini masih dalam review oleh internal perusahaan," ujar manajemen EXCL.

Sementara itu, salah satu operator telko terbesar yakni Telkomsel menyatakan terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak atau mitra (termasuk Apple) sebagai penyedia berbagai perangkat seluler yang canggih dan berkualitas.

GM Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel Basuki Ebtayani menambahkan bahwa saat ini Telkomsel berkomitmen untuk terus fokus membangun ekosistem DNA (Device, Network & Application) tanah air guna mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia.

Saat ini Telkomsel terus berfokus untuk menggelar jaringan broadband berkualitas hingga pelosok Nusantara, perseroan juga memperluas penetrasi smartphone, serta beragam aplikasi dan layanan digital berkualitas.

"Kami terbuka untuk melakukan kerjasama agar pelanggan memiliki banyak pilihan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan mereka," ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Sebagai tambahan informasi, untuk distribusi awal, Apple akan meluncurkan produknya ke 30 negara di seluruh dunia dengan masa pre-order dimulai pada 14 September dan mulai tersedia pada 21 September. Sedangkan untuk harga dimulai dari US$ 749 hingga US$ 1.099 per unit.

Sedangkan untuk distribusi selanjutnya (gelombang kedua) Apple akan merilis ketiga produk tersebut ke sekitar 29 Negara di seluruh dunia. Namun, Indonesia belum masuk dalam daftar rencana terdekat distribusi produk-produk ini.

Tetapi, ketiga produk tersebut bisa didapatkan di negara Singapura dimana penjualan akan diberlangsungkan pada 21 September 2018 mendatang.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading